DAMPAK MICROTRANSACTION GAME ONLINE TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PRIBADI GENERASI Z DI INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adji, Mahesa Nararya, David Chua, Nathaniel Kainama, and Feranita Feranita. 2019. “Consumer Preference on Paid Game Microtransaction.” Journal of Research in Marketing 10(3):832–42.
Ahmad, Raka Andhika Yudhistira dan Gelar Ali. 2023. “URGENSI HUKUM MENGENAI MICROTRANSACTION LOOT.” 127–34.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 15th ed. Rineka Cipta.
Bank, European Central. 2012. V i r t Ua l c u r r e n c y s c h e m e S. Germany.
Caluwe, Peter De. 2022. Gen Z : The Future of Spending.
Desry E.Natalia, Sri Murni, Victoria N. Unt. 2019. “ANALYSIS OF FINANCIAL LITERACY LEVEL AND PERSONAL FINANCE MANAGEMENT OF.” 7(2):2131–40.
Harun, Hajrah Nabila.2023.Microtransaction Pada Perilaku Game Addiction.Skripsi.Malang:Universitas Muhammadiyah Malang.
Joseph F. Hair. Jr,G. Tomas M. Hult, Christian M. Ringle dan Marko Sarstedt. 2021. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM)-Third Edition. USA: SAGE Publications, Inc.
Kusumawati,Dyah. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi & Bisnis 7(1):18–32.
Luthfan, Gusti Fadhil Fithrian. 2021. “Hukum Microtransaction Dalam Online Mobile Games 1.” 357–75.
M.Anwar, Rahmad Solling Hamid dan Suhardi. 2019. Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia.
Nasution, Abdul Gani Jamora. 2020. “Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi.” Rake Sarasin 36.
Novrialdy, Eryzal. 2019. “Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya.” Buletin Psikologi 27(2):148. doi: 10.22146/buletinpsikologi.47402.
Nurwahida, Siti. 2023. “Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM).” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM) 3:2060–78.
OJK. 2019. “Pengelolaan Keuangan Seri Literasi Keuangan Indonesia.” 1–19.
Purnomo, Agung, Nur Asitah, Elsa Rosyidah, Andre Septianto, Margi Dwi Daryanti, dan Mega Firdaus. 2020. “Generasi Z Sebagai Generasi Wirausaha.” 1–4.
Rahiem, Vikry Abdullah, dan Charisma Asri Fitrananda. 2021. “Persepsi Gamers Tentang Aktivitas Microtransactions Di Virtual Goods Marketplace Itemku . Com Abstrak.” 11(2):99–108.
Ricky, Reinaldus Alexander, Lilis, dan Dharmady Agus. 2021. “The Association Between Microtransaction in Video Games With Video Game Addiction Among Medical Students.” Damianus Journal of Medicine 20(2):127–34.
Riyanto,Slamet,dan Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen,Teknik,Pendidikan,Dan Eksperimen. CV BUDI UTAMA:Yogyakarta.
Saputra, Pramana. 2023. “Dampak Microtransaction Pada Kepuasan Pemain Di PUBG Mobile.” Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME) 11(02):070. doi: 10.26418/ejme.v11i02.64334
Saraswati, Ade Maya, dan Arif Widodo Nugroho. 2021. “Perencanaan Keuangan Dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Penguatan Literasi Keuangan.” Warta LPM 24(2):309–18. doi: 10.23917/warta.v24i2.13481.
Silooy, Marissa. 2015. “Faktor Demografis Dan Mental Accounting : Fenomena Pengelolaan Keuangan Dalam Rumah Tangga.” Jurnal Ekonomi Peluang 9(2):170–80.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 19th ed. Bandung: Alfabeta.
Syahmaulana, Mohammad Raditya, dan Farida Indriani. 2022. “Pengaruh Microtransaction Yang Disebabkan Oleh Kecanduan Dan Berdampak Perilaku Pembelian.” 11:1–13.
Tomić, Nenad Zoran. 2019. “Economic Model of Microtransactions in Video Games.” 01(01):17–23.
Yusanti, Alfina Putri. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup, Kecerdasan Spiritual Dan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan.” Accounting Analysis Journal (1):0–18.
Sumber Internet
GenshinLab. (2023, June 10). Genshin Impact Revenue Chart | Banner Revenue Chart | GenshinLab. Retrieved October 10, 2023, from https://genshinlab.com/genshin-impact-revenue-chart/
Gina, F.V. (2023) 4 langkah pengelolaan Keuangan Sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat, materi IPS, bobo.grid.id. Available at: https://bobo.grid.id/read/083682133/4-langkah-pengelolaan-keuangan-sebagai-upaya-pemberdayaan-masyarakat-materi-ips?page=all (Accessed: 10 October 2023).
Minecraft Revenue and Usage Statistics (2023) - Business of Apps. (2023, January 9). Business of Apps. Retrieved October 10, 2023, from https://www.businessofapps.com/data/minecraft-statistics/
SWAmediainc. (2022). 7 Manfaat Mengelola Keuangan dengan Baik dan Bermanfaat. SWA.co.id. https://swa.co.id/swa/capital-market/personal-finance/7-manfaat-mengelola-keuangan-dengan-baik-dan-bermanfaat%EF%BF%BC (Accessed: 10 October 2023)
Refbacks
- There are currently no refbacks.