PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran/deskripsi mengenai kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh kepada kepuasaan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. Pelita Air Service, mengetahui pengaruh antara persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Pelita Air Service, mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan dan persepsi harga secara bersama-sama / simultan terhadap kepuasan pelanggan PT. Pelita Air Service, mengetahui pengaruh antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan PT. Pelita Air Service.
Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. Pelita Air Service. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang dari seluruh perusahaan pengguna jasa pesawat udara PT. Pelita Air Service. Penarikan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrument analisis statistik diukur menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menemukan Kualitas pelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dibanding dengan variable persepsi harga yang hanya sedikit akan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Implikasi penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas Pelayanan memberikan pengaruh yang cukup berarti terhadap Kepuasan Pelanggan. Berkaitan dengan itu faktor-faktor yang memberi kontribusi terhadap peningkatan Kualitas Pelayanan hendaknya diperhatikan. Faktor–faktor ini antara lain, dengan meningkatkan ketrampilan karyawan teknis, memperbaiki sikap dan perilaku karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan melalui pelatihan dan kursus singkat simulasi pelayanan prima dengan standar perusahaan, Sosialisasi kepada petugas operasioanal langsung tentang kebutuhan-kebutuhan pelanggan atau sosialisasi terhadap persepsi manajemen yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan yang terjadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Eko Sujianto,SE.,MM., Aplikasi Statistik dengan SPSS 16,0. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta. 2009.
Ali Hasan, SE,.MM, Marketing, PT. Buku Kita, Jakarta. 2008.
Budi Hermawan, Metodologi Penelitian, Jakarta. 2007
Christian Lovelock & Lauser K Wright, Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks, Jakarta. 2005.
Handi Irawan D., MBA.Mcom, 10 prinsip kepuasan pelanggan. PT. Elexmedia. Jakarta. 2002.
Kotler, P., & Keller, Kevin Lane., Manajemen Pemasaran Edisi 12., Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta. 2007.
Kotler, P., & Armstrong, G., Dasar-dasar Pemasaran jilid 1. Prenhallindo, Jakarta. 1997.
___________________, Dasar-dasar Pemasaran jilid 2. Prenhallindo, Jakarta. 1998.
Kotler, P. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Buku 1. Airlangga, Jakarta. 1993.
___________. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Buku II. PT Prenhallindo, Jakarta. 1998.
___________, Marketing Management. The Millenium Edition, Prentice Hal International , Unc, Upper Saddle River , New Jersey, 2000.
Kotler, P., & Swee Hoong Ang., Siew Meng Leong., Manajemen Pemasaran; Sudut Pandang Asia. PT. Indeks. Jakarta. 2005.
Parasuraman. A. Valarie A, Zeithaml dan Leonard L. Berry, A Conseptual Model of Service Quality and Its Implication for Future Research, Journal Marketing. Vol. 49 (Fall), 41-50, 1985.
Rambat, Lupiyoadi., A. Hamdani., Manajemen Pemasaran Jasa., Edisi 2,. Salemba Empat. Jakarta. 2006.
Sambas Ali & Maman Abdurrahman, Analisa Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penelitian, CV. Pustaka Setia. Bandung. 2007.
Stanton, W.J., Fundamental of Marketing, dikutip oleh Basu Swastha, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1985.
Swastha, Basu, Manajemen Penjualan, Edisi ketiga, BPFE, Yogyakarta, 1993.
Swastha, Basu, Azas-azas Marketing, Edisi ketiga, CV Liberty, Jakarta, 1998.
Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta, 1998.
_____________, Staretegi Pemasaran, penerbit Andi, Yogyakarta, 2003.
Umar, H., Metodologi Penelitian: Aplikasi dalam Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999.
Winardi, Aspek-aspek Manajemen Pemasaran, Cetakan kesatu, Penerbit Manadar Maju, Bandung, 1996.
Zeithaml, valarie, A parasuraman and Berry Leonartd, Delivering Quality service: Balancing Customer Perception and Expectations, 1 th Edition, the free Press, New York, 1990
Refbacks
- There are currently no refbacks.