Analisa Pengaruh Variasi Nilai Air Fuel Ratio (AFR) Terhadap Prestasi Mesin

Muhammad Fikri Ramadhan, Aripin ., Viktor Noubnome

Abstract


Abstrak
Sistem suplai bahan bakar adalah cara untuk membawa bahan bakar ke ruang bakar, bisa
berupa sistem bensin, diesel, atau bahan bakar lainnya.Untuk menciptakan pembakaran yang
sempurna pada motor berbahan bakar bensin dimulai pada saat terjadinya loncatan bunga api
pada spark plug atau busi kemudian membakar campuran bahan bakar dengan udara dalam
kondisi campuran paling ideal yang telah diatur oleh ECU kemudian dikabutkan melalui throttle
body ke dalam ruang bakar sehingga dengan komposisi percampuran yang paling ideal akan
menghasilkan pembakaran yang sempurna. Pada saat pembakaran sempurna terjadi maka akan
sangat berpengaruh terhadap performa mesin yang semakin maksimal. Metode yang digunakan
untuk melakukan penelitian ini adalah metode eksperimental dengan pengujian daya dan torsi. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan sebagai
berikut :Dengan penggantian variasi nilai AFR menjadi 13,5 : 1 daya maksimum mengalami
peningkatan sebesar 3,2 % dari ECU standar dan daya tersebut didapatkan pada putaran mesin
yang sedikit lebih tinggi yaitu 8150 rpm yang sebelumnya didapatkan pada putaran mesin 8040
rpm pada ECU standar.Dengan penggantian variasi nilai AFR menjadi 13,5 : 1 torsi maksimum
mengalami peningkatan sebesar 2,2% dari ECU standar dan torsi tersebut didapatkan pada
putaran mesin lebih rendah yaitu 7920 rpm yang sebelumnya didapatkan pada putaran mesin
8040 rpm pada ECU standar.Dengan merubah nilai AFR dapat meningkatkan daya dan torsi
sepeda motor. Kata kunci: bahan bakar, nilai AFR, ECU


Keywords


bahan bakar, nilai AFR, ECU

Full Text:

PDF

References


Aji, I. S. (2022). Analisa performa internal

combustion engine satu silinder

cc bahan bakar ron 92 dengan

variasi air fuel. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah

Surakarta. Andana. (2019). Pengujian dan analisis air

fuel ratio terhadap unjuk kerja

motor bensin 150 cc. Davis, E. (2002). Dalam Supercharging, Turbocharging and Nitrous Oxide

Performance (hal. 117). Motorbooks Internasional. Ilham, B. (2022). Analisa performa internal

combustion engine satu silinder

cc bahan bakar ron 92 dengan

variasi air fuel. Joko Suwignyo, F. F. (2021). PENGARUH

PUTARAN MIXTURE ADJUSTING

SCREW DAN SPEED. Journal of

Automotive Technology Vocational

Education, 15. R.Rosid. (2015). Analisis Proses

Pembakaran Sistem Injection Pada

Sepeda Motor Dengan

menggunakan Bahan Bakar

Premium dan Pertamax. Jurnal

Teknologi, 88-89.




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v8i1.7001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.