Analisa Pengaruh Variasi Nilai Air Fuel Ratio (AFR) Terhadap Prestasi Mesin
Abstract
Abstrak
Sistem suplai bahan bakar adalah cara untuk membawa bahan bakar ke ruang bakar, bisa
berupa sistem bensin, diesel, atau bahan bakar lainnya.Untuk menciptakan pembakaran yang
sempurna pada motor berbahan bakar bensin dimulai pada saat terjadinya loncatan bunga api
pada spark plug atau busi kemudian membakar campuran bahan bakar dengan udara dalam
kondisi campuran paling ideal yang telah diatur oleh ECU kemudian dikabutkan melalui throttle
body ke dalam ruang bakar sehingga dengan komposisi percampuran yang paling ideal akan
menghasilkan pembakaran yang sempurna. Pada saat pembakaran sempurna terjadi maka akan
sangat berpengaruh terhadap performa mesin yang semakin maksimal. Metode yang digunakan
untuk melakukan penelitian ini adalah metode eksperimental dengan pengujian daya dan torsi. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan sebagai
berikut :Dengan penggantian variasi nilai AFR menjadi 13,5 : 1 daya maksimum mengalami
peningkatan sebesar 3,2 % dari ECU standar dan daya tersebut didapatkan pada putaran mesin
yang sedikit lebih tinggi yaitu 8150 rpm yang sebelumnya didapatkan pada putaran mesin 8040
rpm pada ECU standar.Dengan penggantian variasi nilai AFR menjadi 13,5 : 1 torsi maksimum
mengalami peningkatan sebesar 2,2% dari ECU standar dan torsi tersebut didapatkan pada
putaran mesin lebih rendah yaitu 7920 rpm yang sebelumnya didapatkan pada putaran mesin
8040 rpm pada ECU standar.Dengan merubah nilai AFR dapat meningkatkan daya dan torsi
sepeda motor. Kata kunci: bahan bakar, nilai AFR, ECU
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, I. S. (2022). Analisa performa internal
combustion engine satu silinder
cc bahan bakar ron 92 dengan
variasi air fuel. Surakarta:
Universitas Muhammadiyah
Surakarta. Andana. (2019). Pengujian dan analisis air
fuel ratio terhadap unjuk kerja
motor bensin 150 cc. Davis, E. (2002). Dalam Supercharging, Turbocharging and Nitrous Oxide
Performance (hal. 117). Motorbooks Internasional. Ilham, B. (2022). Analisa performa internal
combustion engine satu silinder
cc bahan bakar ron 92 dengan
variasi air fuel. Joko Suwignyo, F. F. (2021). PENGARUH
PUTARAN MIXTURE ADJUSTING
SCREW DAN SPEED. Journal of
Automotive Technology Vocational
Education, 15. R.Rosid. (2015). Analisis Proses
Pembakaran Sistem Injection Pada
Sepeda Motor Dengan
menggunakan Bahan Bakar
Premium dan Pertamax. Jurnal
Teknologi, 88-89.
DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v8i1.7001
Refbacks
- There are currently no refbacks.