Pengaruh Variasi Bahan Bakar dengan Perubahan Sudut Waktu Pembakaran (Ignation Timing) terhadap performa Mesin Sepeda Motor Vario 125 cc

Muhamnad Widdy Fahrezi, Reza Setiawan, Rizal Hanifi

Abstract


Hasil pengujian performa mesin dengan
menggunakan dynotest diperlihatkan pada
gambar berikut
Gambar 4. 1 Grafik Performa menggunakan ECU Sandar
Dari grafik performa mesin pada gambar
diatas menunjukan bahwa pengujian
menggunakan variasi bahan bakar
menggunakan ECU standar bawaan motor
adalah sebagai berikut :
● Waktu pengapian standar
menggunakan ECU bawaan motor
dengan bahan bakar pertalite
mendapatkan daya tertinggi sebesar
8,9 HP dan torsi tertinggi sebesar
24,79Nm
● Waktu pengapian standar
menggunakan ECU bawaan motor
dengan bahan bakar pertamax
mendapatkan daya tertinggi sebesar
9,3 HP dan torsi tertinggi sebesar
27,86Nm
Gambar 4. 2 Grafik Performa menggunakan ECU Juken5
Dari grafik performa mesin pada gambar
diatas menunjukan bahwa pengujian
menggunakan variasi bahan bakar
menggunakan ECU Juken 5 dengan variasi
ignition timing sebesar 13° adalah sebagai
berikut :
● Waktu pengapian 13°
menggunakan ECU Juken 5
dengan bahan bakar pertalite
mendapatkan daya tertinggi sebesar
11,2 HP dan torsi tertinggi sebesar
30,82Nm
● Waktu pengapian 13°
menggunakan ECU Juken 5
dengan bahan bakar pertamax
mendapatkan daya tertinggi sebesar
11,3 HP dan torsi tertinggi sebesar
30,95Nm


Keywords


Variasi; Sudut Waktu; Performa

Full Text:

PDF

References


BPS2021Perkembangan Jumlah

Kendaraan Bermotor Menurut Jens

(Unit), 2018-2020

FarkhanANALISIS PERFORMA MESIN

MENGGUNAKAN CAMPURAN

BAHAN

Modern Electric, Hybrid Electric, and

Fuel Cell Vehicle2008LondonCRC

Press, Taylor & Francis Group

Pengertian Torsi (Torque) Motor dan

Perbedaannya dengan Tenaga

(Power) Motor

Pertalite, Pertamina Harga Terjangkau

Kualitas Lebih Baik

Pertamina

Prinsip Kerja Motor Bakar 4 Langkah

(Motor 4 Tak)2009




DOI: https://doi.org/10.52447/jktm.v8i1.7002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.