IDENTIFIKASI POTENSI NILAI EKONOMI AIR (NEA) PEMANFAATAN SUMBER DAYA AIR EMBUNG JONGKONG KABUPATEN BANGKA TENGAH

Miskar Maini, Mashuri Mashuri

Abstract


Analisis laju aliran dalam DAS yang tidak terukur dengan Metoda Hidrograf Satuan Sintetik (HSS) merupakan metode yang paling praktis dan sederhana. Metode ini membutuhkan data karakteristik DAS berupa panjang sungai dan luas DAS. Perhitungan dan data laju aliran sangat berguna dalam perkembangan ilmu sumberdaya air dan  perencanaan bangunan sipil khususnya dalam pekerjaan bangunan air. Dewasa ini, Metoda Hidrograf Satuan Sintetik (HSS) telah banyak berkembang dan yang terbaru adalah Metoda Hidrograf Satuan Sintetik (HSS) ITB-1. Keandalan HSS ITB-1 di Sungai Tapung Kanan dan Sungai Tapung Kiri menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini ditandai dengan ketelitian volume Sungai Tapung Kanan 96,30% dan ketelitian Sungai Tapung Kiri 99,88%. Adapun rasio kontrol volume/ direct run off (DRO)  Sungai Tapung Kanan 1,00006 dan Sungai Tapung Kiri 1,000088 (mendekati 1). Sedangkan debit puncak yang dihasilkan Sungai Tapung Kanan 39,950 m3/det dan Sungai Tapung Kiri 38,867 m3/det.


Kata kunci: Air Embung, Model NRECA, NEA, NPA


Full Text:

PDF

References


Akbarsyah. 2014. Analisis Ketersediaan dan Pemanfaatan Air Kolong Simpur Kecamatan Pemali, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Bangka Belitung, Pangkalpinang.

Anonim. 1994. Pedoman Kriteria Desain Embung Kecil Untuk Daerah Semi Kering Di Indonesia. Puslitbang Pengairan DPU; Jakarta.

Sabri, Fadillah. 2008. Nilai Ekonomi Air Kolong DAM-3 Pemali Kabupaten Bangka, Tesis, Fakultas Teknik, Univesitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sabri, Fadilah. 2015. Pengelolaan Sumberdaya Kolong. Citra books; Palembang.

Kiki Komalia dkk. 2012. Analisis Pemakaian Air Bersih ( PDAM ) Untuk Kota Pematang Siantar, Tugas Akhir, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Chow, Ven Te, Maidment, David R. & Mays, Larry W. 1988. Applied Hydrology. McGraw-Hill Book Company.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v4i2.1692

Refbacks



Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung