ANALISIS POTENSI GEOHAZARD PADA CANDI SIWA PRAMBANAN

Tri Wahyu Kuningsih, Andina Prima Putri

Abstract


Candi Siwa Prambanan merupakan salah satu situs bersejarah yang harus dijaga keberadaannya. Candi siwa terletak pada kota Yogyakarta, dimana kota tersebut merupakan kota yang termasuk pada daerah rawan gempa. Maka dari itu sangat diperlukan analisa struktur Candi Siwa akibat beban lingkungan terutama beban gempa. Penelitian ini bertujuan untuk mencari deformasi struktur Candi Siwa akibat beban mati, beban hidup dan juga beban lingkungan. Candi Siwa tersusun atas beberapa komponen material diantaranya, andesit, tuff, beton pengisi dan juga perkuatan berupa kolom dan pelat. Hasil dari penelitian ini deformasi yang terjadi pada candi Siwa adalah sebesar 216.3 cm. Deformasi terjadi pada seluruh bagian Candi Siwa, namun semakin kecil dimensi Candi Siwa semakin besar deformasi yang akan terjadi.  

 

Kata kunci: Candi siwa, beban gempa, deformasi


Full Text:

PDF

References


Tim Penyusun Detail Engineering Desaign (DED),2012, Kegiatan Studi Teknis Pelestarian Candi SIwa, Kompleks Candi Prambanan,BPCB Yogyakarta.

SNI Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, 2012. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

SNI Beban minimum untuk perencangan bangunan gedung dan struktur lain, 2013. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v5i1.4109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung