UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA BUNDARAN RAWAN KECELAKAAN DI KOTA PEKANBARU

benny hamdi

Abstract


Keselamatan pada bundaran merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian serius. Pengguna kendaraan pada bundaran berpotensi untuk mengalami kecelakaan lalu lintas yang dapat menyebabkan kerugian moril materil. Studi ini mengambil kasus bundaran yang memiliki angka kecelakaan tertinggi di Pekanbaru. Data kecelakaan diperoleh dari Riau Safety Driving Center (RSDC) selama 4 tahun terahir. Metode yang digunakan adalah survey keselamatan dan analisis konflik. Kecelakaan pada bundaran ini sebanyak 80% terjadi pada siang hari. Permasalahan pada bundaran ini meliputi besarnya konflik yang melibatkan kendaraan yang akan masuk ke jalinan pada masing masing pendekat. Selain itu tipe kerusakan jalan yang ditemui adalah retak buaya, dan pelepasan butiran. Berdasarkan permasalahan tersebut diusulkan prioritas tindakan penanganan yang paling layak secara ekonomi. Rambu stop dan marka berhenti dipasang pada keempat lengan persimpangan. Pita penggaduh sebanyak 5 strip dipasang pada keempat lengan persimpangan untuk memperingatkan pengendara agar mengurangi kecepatan kendaraan yang berjarak 30 meter sebelum persimpangan, marka tepi dan penambahan rambu stop.Kata Kunci : Keselamatan, Bundaran, Analisis konflik, Lokasi Rawan kecelakaan

Full Text:

PDF

References


AASHTO, (2010) : Highway Safety Manual, 1st edition, Washington DC, USA.

Departement For Transport,(2007) : Traffic Calming. TSO. United Kingdom.

Elvik,R.,Hoye,A.,Vaa,T., (2009) : The Handbook Of Road Safety Measures. Norwegia

Federal Highway Administration.(2012) : Safety at Unsignalized Intersection. Amerika Serikat.

Glauz, W.D dan D.J migletz.(1980). Application of Traffic conflict analysis at intersections. Washington D.C. National Cooperative highway research program, Transport Research Board.

Santosa, Dwi. (2013) : Materi Kuliah, Jenis Jenis Pengaturan Simpang. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Tamin, O. (2008) : Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Tarko,A.P, Leckrone,S dan Anastasopaulus (2012): Analysis And Methods Of Improvement Of Safety At High-Speed Rural Intersections. Indiana dept of Trasnsportation, Indianapolis. Amerika Serikat.

------.2009. Undang undang No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Departemen Perhubungan RI.

------.2013. Peraturan Mentri Perhubungan no 75 Tahun 2013. Standar Biaya Satuan Tahun 2014. Departemen Perhubungan RI.

------.2014. Peraturan Mentri Perhubungan no 13 Tahun 2014. Rambu Lalu Lintas 2014. Departemen Perhubungan RI.

------.2014.. Naskah Ilmiah Biaya Kecelakaan. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan.2014. Kementrian Pekerjaan Umum.

------.1997.. Manual Kapasitas Jalan Indonesia.1997. Kementrian Pekerjaan Umum.




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v1i2.464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung