ANALISIS PEMILIHAN MODA ANGKUTAN PENUMPANG MENUJU BANDARA ( Studi Kasus : Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta )

dwi novi wulansari

Abstract


Dalam sistem transportasi di suatu perkotaan perlu diamati perilaku pelaku perjalanan angkutan umum agar diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku perjalanan dalam melakukan pemilihan moda. Sehingga diperoleh suatu model pemilihan moda yang dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda angkutan umum, serta dapat mengestimasi sensitivitas pelaku perjalanan dalam penentuan pemilihan moda apabila dilakukan perubahan terhadap atribut perjalanannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode analisis pemilihan diskrit terhadap perilaku individu. Model pemilihan moda yang digunakan adalah model Logit-Binomial-Selisih dengan pemilihan dua moda yang ditinjau adalah 1) Kereta api bandara dan Bus Damri, 2) Kereta api bandara dan taksi, 3) Kereta api bandara dan kendaraan pribadi (mobil). Selanjutnya berdasarkan hasil analisis sensitivitas, diketahui bahwa yang paling sensitif mempengaruhi probabilitas pemilihan moda adalah tarif (biaya perjalanan). Dimana perubahan pada biaya perjalanan akan mengakibatkan perubahan probabilitas pemilihan moda yang relatif lebih besar dibandingkan bila terjadi perubahan pada atribut lainnya.Kata kunci : Analisis Pemilihan Diskrit, Logit Binomial Selisih, Stated Preference

Full Text:

PDF

References


Ben-Akiva, M. and Steven R. Lerman. 1985. Discrete Choice Analysis : Theory and Application To Travel Demand, Cambridge, MA:MIT Press, hal. 154-244.

Breidert, Christoph. 2005. Estimation of Willingness-to-Pay, Gabler Edition Wissenschaft, hal. 37-53.

Center for International Economics. 2001. Review of Willingness to Pay Methodologies, Canberra & Sydney.

Hensher, David A., and Lester W.J. 1981. Applied Discrete-Choice Modelling, Halsted Press, John Wiley & Sons, Inc, New York, hal. 100-193.

Joewono, Tri Basuki. 2009. Exploring the Willingness and Ability to Pay for Paratransit in Bandung, Indonesia, Journal of Public Transportation, Vol. 12, No.2.

Permain, D. and Swanson, J. 1991. Stated Preference Techniques : A Guide to Practice, Steer Davies Gleave and Haque Consulting Group, London, hal. 2-59.

Ortuzar, J.D and Willumsen, L.G. 1994. Modelling Transport, Fourth Edition, Jonh Wiley & Sons, hal. 227-266.

Tamin, Ofyar Z. 2009. Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi: Teori, Contoh Soal, dan Aplikasi, Penerbit ITB, hal. 388-433.

SANKO, Nobuhiro. 2001. Guidelines for Stated Preference Experiment Design, hal. 4-36.

EJURNAL KAJIAN




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v1i2.465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung