METODE PENGAMANAN KESELAMATAN KERJA PADA BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT

noni saomi putri

Abstract


Keselamatan kerja merupakan aspek penting dalam industri konstruksi, terutama pada bangunan gedung bertingkat. Kegiatan konstruksi yang dilakukan pada ketinggian dapat meningkatkan resiko pada kecelakaan kerja yang serius. Aspek keselamatan kerja yang perlu diamati meliputi kesehatan dan keamanan kerja oleh para pekerja dibidang konstruksi dan dampak lingkungan sekitar proyek. Untuk itu perlu diperhatikan khusus dengan upaya risiko serta upaya pengendaliannya. Oleh karena itu, terdapat berbagai jenis risiko dan dapat diketahui seberapa besarnta potensi bahaya yang akan terjadi dilapangan kerja. Maka diperlukan metode pengamanan yang efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan cedera pada pekerja. Metode yang dibahas meliputi penggunaan alat pelindung diri (APD), pelatihan keselamatan, selalu mengikuti SOP, Penyediaan rambu-rambu keselamatan pada proyek, penerapan prosedur kerja yang aman, dan pengawasan serta inpeksi rutin. Dalam jurnal ini, akan dibahas berbagai metode pengamanan keselamatan kerja yang dapat diterapkan pada proyek konstruksi gedung bertingkat.

Keywords


Keselamatan kerja, Risiko, Gedung bertingkat, Konstruksi, Alat pelindung diri, Prosedur kerja aman

Full Text:

PDF

References


Rethyna, M. (2018). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehata Kerja (K3) pada Bangunan Gedung Bertingkat. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 20-24.

Alberni, A. (2019). ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG BERTINGKAT PADA KOTA MALANG DAN SURABAYA DENGAN PENDEKATAN FUZZYBERDASARKAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Ira, N. P., Mulyani, E., & Nuh, S. M. (2016). Penerapan Program K3 pada Pembangunan Gedung Tinggi

di Kota Pontianak. JeLAST: Jurnal Teknik Kelautan, PWK, Sipil, dan Tambang, 1(1).

Guna, F. A. (2020). ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG BERTINGKAT PADA KOTA MALANG DAN SURABAYA DENGAN METODE JARINGAN BAYESIAN NETWORK BERDASARKAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL (Doctoral dissertation, Institut teknologi nasional malang).

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum(PERMENPU) tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan

dan Kesehatan Kerja ( SMK3) Nomor; 05/PRT/M/2014




DOI: https://doi.org/10.52447/jkts.v9i2.7668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright@ Pusat Penelitian Fakultas Teknik

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

 

Pengunjung