Edukasi Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Inovasi Marketing Penunjang Bisnis

Choirul Mufit

Abstract


E-Commerce secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. Selain itu, E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. Dalam Pengabdian ini dilakukan berupa penyuluhan mengenai pentingnya e-commerce sebagai penunjang bisnis untuk UMKM. Adapun dilakukan terlebih dahulu dengan menyebarkan pre test ke peserta penyuluhan untuk mendapatkan seberapa besarkah pengetahuan dari peserta penyuluhan mengenai pentingnya pemanfaatan e-commerce. Kemudian penyuluhan dilakukan dan memberikan post test setelahnya untuk mengukur seberapa mengerti peserta penyuluhan terhadap materi yang telah disampaikan. Adapun edukasi atau penyuluhan diakhiri dengan memberikan booklet mengenai materi yang telah diberikan, adapun dari hasil pre test dan post test yang telah dilakukan diketahui bahwasanya penyuluhan atau edukasi yang telah diberikan memberikan pengetahuan bagi para peserta ditandai dengan adanya kenaikan nilai post test pada peserta penyuluhan


Keywords


E-Commerce, Inovasi, Marketing

Full Text:

PDF

References


Adi, Nugroho. 2006. E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia

Kienan, Brenda,. (2001). Small Business Solutions E-Commerce untuk

Perusahaan Kecil. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Kholil, Munawar.2009. E-Commerce. [pdf]. http://docs.google.com/, diakses 6 Desember 2010




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v2i2.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.