PENYULUHAN MENGENAL HIPOGLIKEMIA DAN PENANGANANNYA SECARA DARING

Riong Seulina Panjaitan, Purwati Purwati, Zuraida Sagala

Abstract


Hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa (gula darah) berada di bawah normal. Umumnya, seseorang dianggap mengalami hipoglikemia saat kadar gula darahnya kurang dari 70 mg/dl. Kadar glukosa darah terlalu rendah akan membahayakan tubuh karena dapat merusak jaringan otak. Artikel ini menguraikan tentang kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan online yang bertujuan untuk mengedukasi siswa/i kelas X, Sekolah Menengah Atas (SMA) Taman Madya I Jakarta mengenai penyebab, gejala dan penanganan hipoglikemia. Metode yang digunakan berupa metode penyuluhan dan tanya jawab dengan alat bantu berupa poster infografis, slide power point (ppt). Kegiatan ini juga melibatkan peran serta mahasiswa/i dari peserta mata kuliah Biokimia sebagai bentuk implementasi materi perkuliahan pada masyarakat. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan siswa/i SMA (kelas X) tentang hipoglikemia.


Keywords


hipoglikemia, kadar glukosa, penyuluhan daring

Full Text:

PDF

References


American Diabetes Association. Standards of Medical Care in Diabetes—2020. Diabetes Care. 2020;43 (suppl 1):S1-S212.

Rusdi, Mesa Sukmadani, 2020, “Hipoglikemia Pada Pasien Diabetes Melitus”, J. Syifa Sciences and Clinical Research, Vol. 2, No.2, 83-90.

Cryer, P.E. 2005. Mechanisms of hypoglycemia-associated autonomic failure and its component syndromes in diabetes. Diabetes, 54(12), 3592-3601.

Editor Medis Siloam Hospitals, 2023, “Hipoglikemia: Penyebab, Gejala, dan Langkah Pengobatannya”, available at https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-hipoglikemia diakses 02 April 2023.

Saputri, Nanda., 2022, “Hipoglikemia, Saat Gula Darah Terlalu Rendah”, available at https://hellosehat.com/diabetes/hipoglikemia/ diakses 02 April 2023.




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v3i1.6771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.