Pengenalan Pilar Konstruksi Berkelanjutan Guna Meningkatkan Pemahaman akan Lingkungan dan Disparitas Sosial & Konsep Perencanaan Renovasi Kantor RW

Bangun Marpaung, Tiorivaldi Tiorivaldi, Tuti Widyaningrum

Abstract


Pembangunan berkelanjutan (sustainable development) merupakan proses yang dilakukan tanpa mengorbankan generasi yang akan datang. Dalam dunia konstruksi, dikenal sebagai konstruksi berkelanjutan (sustainable construction). Penyelenggaraan konstruksi berkelanjutan di atur dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 9 Tahun 2021 dengan tiga pilar penting yaitu bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan dengan memberikan pemahaman dan meningkatkan pemahaman terkait konstruksi berkelanjutan berdasarkan pilar lingkungan dan disparitas sosial. Selain itu, kegiatan pengabdian ini juga memberikan konsep perencanaan renovasi kantor RW 05 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dalam kegiatan selanjutnya dapat dilakukan sebuah program berupa kegiatan pengelolaan sumber daya yang meningkatkan aktifitas ekonomi tanpa mengesampingkan disparitas sosial dan tetap menjaga kondisi lingkungan.


Keywords


Pembangunan Berkelanjutan, Konstruksi Berkelanjutan, Lingkungan, Sosial

Full Text:

PDF

References


- Jurnal Ilmiah :

Susetyo, B. (2019). Tinjauan Kritis atas Konsep Konstruksi Berkelanjutan dengan Integrasi Metode Rekayasa Nilai dan Pengendalian Kualitas Pada Proyek Bangunan Gedung Bertingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, 214-218.

Willar, D., Trigunarsyah, B. (2020). Hambatan Penerapan Konstruksi Berkelanjutan: Perspektif Pemerintah. Media Komunikasi Teknik Sipil, 27 No.1, 18-28.

- Internet :

https://sdgs.un.org/goals (diakses 20 Agustus 2023).

https://utara.jakarta.go.id/penataan-tanggul-pantai-di-kelurahan-kalibaru-dikonsepkan-jadi-ruang-ketiga (Diakses 19 Agustus 2023).

https://www.detik.com/bali/berita/d-6448066/mengenal-sdgs-adalah-dan-tujuan-di-baliknya (Diakses 19 Agustus 2023).




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v3i2.7162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.