WORKSHOP PEMANFAATAN DIGITAL PLATFORM UNTUK MENINGKATKAN EKSPOR USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH

Yanuar Rahmadan, Sheila Silvia Permatasari, Virgo Simamora, Endyastuti Pravitasari

Abstract


Tujuan utama pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah RT 10 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara adalah untuk meningkatkan pengetahuan bagi pelaku UMKM di terkait pentingnya pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan metode loka karya (workshop) dibagi kedalam empat sesi dimana pada masing-masing sesi diberikan materi yang berbeda-beda. Pada keseluruhan sesi, termasuk sesi tentang pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan ekspor UMKM, narasumber yang menjadi pemateri berasal dari Dosen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Hal ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang harus terus berjuang di tengah kondisi ekonomi negara dan dunia yang semakin tidak menentu pasca pandemi Covid-19 dan konflik di Ukraina. Salah satu hasil temuan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian pada sesi keempat yaitu kurangnya pengetahuan dari pelaku UMKM di wilayah RW 10 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara terkait platform digital untuk ekspor barang-barang milik UMKM. Sehingga, dengan adanya penyampaian informasi kepada peserta loka karya terkait platform e-commerce khusus untuk ekspor barang-barang UMKM, diharapkan dapat membantu pelaku UMKM di wilayah RW 10 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara untuk dapat melakukan ekspansi pasar.

Keywords


ekspor; UMKM; platform digital

Full Text:

PDF

References


-Jurnal Ilmiah :

Adrian, M. A. (2018). Empowerment Strategies of Micro, Small, Medium Enterprises (MSMEs) to Improve Indonesia Export Performance. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 2(4).

Economic Research Institute for ASEAN and East Asia. (2019). Study on MSMEs Participation in the Digital Economy in ASEAN: ERIA and ASEAN.

Putra, R.R., Islami, P., dan Khalisa, S. N. (2022). Workshop Laporan Keuangan Sederhana Sesuai SAK E-MKM Terhadap UMKM Griya Batik Nirmala. Jurnal Pemberdayaan Nusantara, 2(2). Doi: https://doi.org/10.52447/jpn.v2i2.6573

Slamet, R. et all. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2).

-Internet (karya individual):

Anam, K. (2022). Menteri Teten Optimis Kontribusi Ekspor UMKM 17% di 2024, available at https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20221215152343-25-397256/menteri-teten-optimis-kontribusi-ekspor-umkm-17-di-2024

Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022, available at https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik E-Commerce 2021, , available at https://www.bps.go.id/publication/2021/12/17/667821e67421afd2c81c574b/statistik-e-commerce-2021.html

Ilmie, M. I. (2021). IDNStore diluncurkan, platform e-dagang global Indonesia pertama, available at https://www.antaranews.com/berita/1946264/idnstore-diluncurkan-platform-e-dagang-global-indonesia-pertama

Miftahudin, H. (2022). Kemendag Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan E-Commerce Demi Masuk Pasar Global, available at https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/VNngnBab-kemendag-dorong-pelaku-usaha-manfaatkan-e-commerce-demi-masuk-pasar-global

“Optimalisasi Produktivitas UMKM melalui Go-Digital dan Go-Legal”. (2021), available at https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3016/optimalisasi-produktivitas-umkm-melalui-go-digital-dan-go-legal

Prodjo, W. A. (2022). Tahun 2024, Pemerintah Targetkan Kontribusi Ekspor UMKM Tembus 17 Persen, available at https://umkm.kompas.com/read/2022/12/17/090000283/tahun-2024-pemerintah-targetkan-kontribusi-ekspor-produk-umkm-tembus-17-persen?page=all

Rizaty, M. A. (2022). 8 Negara Tujuan Utama Ekspor Ikan Asin Indonesia, Mana Saja?, available at https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/8-negara-tujuan-utama-ekspor-ikan-asin-indonesia-mana-saja




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v3i2.7211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.