PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KALIBARU CILINCING JAKARTA UTARA MELALUI INOVASI PRODUK DAN STRATEGI MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA SECARA DIGITAL

Imam Suryono, , Riong Seulina Panjaitan, Diansyah MM

Abstract


 

Abstrak

Salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Program Pengabdian Kepada Masyarakat, dimana dosen dan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta mengadakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Kalibaru RW 10, Kecamatan Cilicing Jakarta Utara. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk pemberdayaan masyarakat melalui inovasi produk dan strategi mengelola keuangan rumah tangga secara digital agar tepat sasaran. Dengan pengabdian masyakarat ini diharapkan bisa mengelola keuangan rumah tangga dan  meningkatkan pendapatan rumah tangganya. Dalam  kegiatan ini di ikuti kurang lebih 35 peserta. Luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kemampuan secara mandiri ibu ibu rumah tangga dalam inovasi produk dan  mengelola keuangan sederhana secara digital melalui  aplikasi Catatan Keuangan dari   Sepran Ashari. Edukasi mencakup pemberian materi inovasi produk dan pengelolaan keuangan sederhana rumah tangga yang  efektif dan efisien, edukasi permainan dan tanya jawab pengetahuan dasar bagi ibu-ibu. Hasil edukasi adalah antusiasnya ibu-ibu dalam menjawab beberapa pertanyaan sederhana dan contoh-contoh soal serta mengingatkan kembali pengaturan pengeluaran rumah tangga, selain hal tersebut yang didapatkan dari dosen juga menambahkan wawasan baru yang akan digunakan dalam pembelajaran selanjutnya mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga dan inovasi

Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Inovasi Produk, Mengelola Keuangan,  Rumah Tangga, Digital

 

Abstract

One of the Tri Dharma Higher Education programs is the Community Service Program, where lecturers and students at the University of 17 August 1945 Jakarta held community service in Kalibaru RW 10 Village, Cilicing District, North Jakarta. The aim of this community service activity is to empower the community through product innovation and strategies for managing household finances digitally so that they are right on target. With this community service, it is hoped that they can manage household finances and increase household income. This activity was attended by approximately 35 participants. The output of this community service activity is the independent ability of housewives to innovate products and manage simple finances digitally through the Financial Notes application from Sepran Ashari. Education includes providing material on product innovation and simple effective and efficient household financial management, educational games and basic knowledge questions and answers for mothers. The result of the education is the enthusiasm of the mothers in answering several simple questions and examples of questions as well as reminding them about household expenditure arrangements. Apart from this, what they get from the lecturers also adds new insights that will be used in further learning regarding household financial management and innovation.

Keywords: Community Empowerment, Product Innovation, Managing Finances, Household, Digital


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Inovasi Produk, Mengelola Keuangan, Rumah Tangga, Digital

Full Text:

PDF

References


Anonim, OJK, 2023, https://money.kompas.com/read/2021/04/22/185857226/fintech-adalah-pengertian-jenis-dan-aturan-hukumnya.

Anonim, 2016, Buku Perencanaan Keuangan Keluarga, Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia.

Anonim, BPS Kota Jakarta Utara. (n.d.). Retrieved September 4, 2023, from https://jakutkota.bps.go.id/pressrelease.html?katsubjek=33&Brs%5Btgl_rilis_ind%5D=06&Brs%5Btahun%5D=2023&yt0=Cari

Agus Supandi Soegoto, Diana N. Lintong, Syermi S.E. Mintalangi, Deasy Soeikromo, Meningkatkan Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Keuangan, 2020, JPPM : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 4 Nomor 1 Maret 2020.

Diansyah, Netty Laura, Dina Mardiani, Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Yang Terencana, Efektif Dan Efisien Di Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Jawa Barat, Berdikari, Vol 3, No 1 (2020)

Diansyah Diansyah, Netty Laura, Dini Mardiani

Dita Maulia Ahmad, Muhammad Irfan Nasution, 2022, Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Keluarga Pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Sei Agul, EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022),

Eska Prima Monique Damarsiwi, Karona Cahya Susena, Nenden Restu Hidayah, Muhammad Rahman Febliansa, Yudi Irawan Abi, Pelatihan Peningkatan Keterampilan Literasi Keuangan Digital Bagi Ibu-ibu Rumah Tangga, 2023 , Jurnal Dehasen Untuk Negeri, Vol 2 No 1 (2023).

Gusmiarni, Reschiwati, Ida M. Ibrahim, Monika Budiman, Marini Agnes. P.S., 2023, Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Rumah Tangga Melalui Pemanfaatan Keahlian Digital, 2023, JHR 24/7®: ABDIMAS, Vol. 1, No. 3, Juli 2023

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). A Framework For Marketing Management, Sixth Edition, Global Edition. England: Pearson.

Lupiyoadi, Rambat. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Reny Aziatul Pebriani, Rafika Sari, RM. Rum Hendarmin, 2022, Membangun Ketahanan Keuangan Keluarga Melalui Literasi Keuangan Pada Ibu Rumah Tangga Di Desa Sembawa Masa PPKM Covid-19, SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Vol 6, No 3 (2022)

Siti Nuke Nurfatimah, Enung Nurhayati, 2023, Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Dan Penggunaan Aplikasi Pengatur Keuangan Digital, Jurnal Abdimas Bina Bangsa, Vol. 4 No. 2 (2023)

Setiadi, J. (2016) Perilaku Konsumen, Edisi Revisi,. Jakarta : Kencana Perdana

Suryono, I. (2022). Digital Marketing Potential in Indonesia Based on Macroeconomic Data in Indonesia. Tamansiswa Accounting Journal International Volume 7, No 1, October 2022 ISSN 2775-1651DOI : 10.54204/TAJI/Vol712022012 https://jurnal.stiekn.ac.id/index.php/jmj/article/view/92




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v3i2.7262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.