PENCEGAHAN KEBAKARAN AKIBAT KEBOCORAN GAS TABUNG ELPIJI DAN ARUS PENDEK

Ahmad Rofii, Choirul Mufit, Rajes Khana, Muhammad Sobirin, Muktar Sinaga, Thony Danuarta, Gottlieb Marolop, Elyezer Manurung

Abstract


Kebakaran yang disebabkan oleh meledaknya tabung gas LPG dan arus pendek kini sering terjadi. Media massa banyak melansir informasi tentang adanya ledakan tabung gas LPG dan kebakaran akibat adanya arus yang mengakibatkan kebakaran sehingga menimbulkan kerugian harta benda bahkan adanya korban jiwa. Untuk dapat mengurangi bahaya akibat kebocoran gas dan arus pendek bagi masyarakat perlu diadakan sosialisasi cara menghadapi dan menanggulanginya.  Dalam program pengabdian kepada masyarakat di RW 010 Kel. Kalibaru, Kec. Cilincing yang diadakan oleh LPPM Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta bekerjasama dengan anggota Suku Dinas Jakarta Utara untuk memberikan pemahaman bagaimana cara menghadapi bahaya kebocoran gas tabung elpiji dan arus pendek, dan ini merupakan program yang memberikan cara agar tidak panik apabila menghadapi api dalam suatu kebakaran dan upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk pertolongan pertama yang di praktekkan oleh anggota dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Utara. Sehingga melalui program ini Masyarakat dapat lebih peduli untuk terus mengetahui upaya pencegahan bahaya kebakaran.

Keywords


Pencegahan kebakaran akibat tabung gas elpiji, arus pendek listrik, dan cara mengatasinya

Full Text:

PDF

References


Hendryani, A. (2019). Penyuluhan tentang bahaya Kebakaran Akibat Listrik Di Rumah Tangga Bagi Warga Kelurahan Duri Selatan Jakarta Barat. Bulletin Dharmanesti Niramaya Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27-31.




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v3i2.7271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.