PENGENALAN KECERDASAN BUATAN BAGI SISWA/I SMK PERGURUAN CIKINI ALUR LAUT

Satria Firmansyah, Parlindungan Tampubolon, Muhammad Akbar Firdaus, Nayandra Akbar Pratama, Raihan Putra Pratama, Muhammad Zulfikor, Aura Sandi Yudha, Shinta Aulia Maharani

Abstract


Kecerdasan buatan (AI) adalah inti dari perubahan industri yang sedang berlangsung. Laporan ini memberikan gambaran tentang penggunaan AI di berbagai sektor industri dan menyoroti tantangan dan peluang  terkait. AI telah mengubah cara kita bekerja, berinteraksi, dan bahkan berpikir tentang inovasi. Dalam konteks ini, beberapa bidang utama telah diidentifikasi dimana AI mempunyai dampak yang signifikan, termasuk otomatisasi proses bisnis, analisis data  mendalam, optimalisasi rantai pasokan, dan layanan pelanggan yang dipersonalisasi. Namun terdapat tantangan penting yang harus diatasi, antara lain: Keamanan Data, Etika Penggunaan AI, dan Keterbatasan Teknis. Terlepas dari tantangan-tantangan ini, kami juga menyoroti peluang-peluang yang ditimbulkan oleh kemajuan AI. Hal ini mencakup kemampuan seperti meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan pengambilan keputusan berdasarkan data, mengidentifikasi pola yang sebelumnya tidak terlihat  dalam big data, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan memuaskan. Dalam menghadapi masa depan yang didorong oleh AI, dunia usaha dan pemangku kepentingan perlu memastikan pendekatan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dalam penerapan teknologi ini. Pengabdian masyarakat adalah elemen penting dalam penerapan kecerdasan buatan (AI) yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Melalui pengabdian masyarakat, organisasi dapat berkontribusi pada pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan, serta memastikan bahwa penerapan AI dilakukan dengan cara yang etis dan memperhatikan kepentingan masyarakat luas.


Keywords


Kecerdasan Buatan(AI), teknologi

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. A. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Mendukung Pembelajaran Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Krembung Sidoarjo. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 80–95.

Baihaqi, W. M., Sulistiyana, F., & Fadholi, A. (2021). Pengenalan Artificial Intelligence Untuk Siswa Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 79–88. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.876

David. (2020). Artificial Intelligence sebagai Solusi Menghadapi Era Disrupsi Digital 4.0 Artificial Intelligence as Solution in Facing the Age of Digital Disruption 4.0. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 107.

Hakeu, Febrianto, Pakaya, I. I., Djahuno, Ridwanto, Zakarina, Uznul, Tangkudung, Mutmain, & Ichsan. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Mahessa, F., Pangestu, R. P., Berwyn, A., & ... (2023). Pengenalan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Sekolah. APPA: Jurnal …, 1(4), 205–208. http://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/view/489%0Ahttps://jurnalmahasiswa.com/index.php/appa/article/download/489/348

Tejawiani, I., Sucahyo, N., Usanto, U., & Sopian, A. (2023). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENERAPKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3578. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16143




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v4i1.7655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.