Sosialisasi Merakit PC secara Virtual dan Desain Spanduk untuk Pelajar Sekolah ESTV-TIL
Abstract
Di era literasi digital, kemampuan merakit komputer merupakan keterampilan dasar yang memperdalam pemahaman komponen perangkat keras dan memperkuat kemampuan teknis siswa. Namun, tingginya biaya yang terkait dengan pembelian komponen komputer sering kali menjadi penghalang untuk mendapatkan pengalaman belajar langsung. Untuk mengatasi tantangan tersebut, kami mengadakan “PKM Sosialisasi Cara Merakit PC secara Virtual dan Design Spanduk untuk Pelajar Sekolah ESTV-TIL” sebagai bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tujuan dari PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan komprehensif tentang perakitan PC menggunakan platform virtual dan perangkat lunak simulasi, sehingga mengatasi kendala keuangan dan memastikan akses terhadap pelatihan teknis. Melalui sesi interaktif dan demonstrasi virtual, peserta akan mendapatkan wawasan langsung tentang proses perakitan dan pemahaman mendalam tentang kemampuan perangkat keras. Lokakarya ini akan menggunakan metode kualitatif untuk menilai keterlibatan peserta dan hasil pembelajaran, dengan penekanan pada pengalaman subjektif dan umpan balik. Hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan keterampilan peserta dalam membuat PC meningkat secara signifikan, hal ini menunjukkan efektivitas lingkungan pembelajaran virtual dalam memberikan pelatihan teknis langsung.
Keywords
References
Ansori, Z. (2019). Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan. Z.A. Pagar Alam, 1(1), 35142. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwm_snkq7jtAhUHVH0KHTtcCpEQFjAFegQIChAC&url=https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jppm/article/download/1498/932&usg=AOvVaw12D0eXZzPWiTFx9nHI2fMI
Rianto, D. (2013). Studi Komparasi Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Cisco-IT Essentials Virtual Desktop Pada Hasil Belajar di SMKN 1 Bantul.
Kaol, W. A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Mustika, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Merakit Personal Computer Kelas X SMK Sejahtera.
Nugraha, A. A., Amalia, F., & Brata, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Perakitan Komputer Dengan Menerapkan Metode Agile Software Development. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JPTIIK) Universitas Brawijaya, 2(6), 2200–2210. http://j-ptiik.ub.ac.id
Purwanto, T., Simarmata, S., & Jamaludin. (2023). Pelatihan Simulasi Perakitan Komputer Menggunakan Cisco IT Essenstials Virtual Desktop Pada Siswa SMK Muhammadiyah Parakan Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), 551–556.
DOI: https://doi.org/10.52447/km.v4i2.7691
Refbacks
- There are currently no refbacks.