PENGENALAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF ADOBE ANIMATE BAGI SISWA/I SMP NEGERI 140 JAKARTA

Nabila Reva Zalianti Zalianti, Muhammad Lutfi Ramadhan, Adityo Nugroho, Muhammad Riza Raditya, EE Lailatul Putri, Abdus Salam, Ahmad Rofii, Bobby Arvian James

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di SMP Negeri 140 Jakarta bertujuan untuk memperdalam pemahaman siswa-siswi tentang teknologi yang sedang berkembang pesat. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap teknologi melalui materi yang disampaikan oleh mahasiswa. Mahasiswa menggunakan metode pengajaran yang interaktif dan menarik, seperti demonstrasi langsung, eksperimen sederhana, dan diskusi kelompok. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek teknologi yang relevan dan aplikatif, sehingga siswa dapat melihat penerapan langsung teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kegiatan ini menunjukkan antusiasme dan minat yang tinggi dari siswa-siswi SMP Negeri 140 Jakarta dalam mempelajari materi yang disampaikan. Mereka mendapatkan pengalaman berharga dengan melihat langsung proses pembuatan slide media interaktif dan penjelasan mendalam mengenai teknologi. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinovasi dalam menyampaikan pengetahuan dan membagikan ilmu yang mereka miliki. Pengalaman ini sangat berharga bagi siswa dan mahasiswa. Para siswa mendapatkan tambahan wawasan dan motivasi untuk mengeksplorasi lebih lanjut bidang teknologi, sementara mahasiswa memperoleh pengalaman berharga dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa-siswi SMP Negeri 140 Jakarta, tetapi juga bagi mahasiswa yang terlibat. Diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan generasi muda yang lebih siap dan kompeten menghadapi tantangan di era digital, serta berkontribusi pada kemajuan masyarakat dan bangsa.

Keywords


Pengabdian Kepada Masyarakat, Media Interaktif, Adobe Animate, Animasi Edukasi, Pembelajaran Interaktif, Teknologi dalam Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Dharmalau, A., Nurlaela, L., & Handojo, V. (2021). Perancangan Media Pembelajaran Lagu Daerah Dengan Animasi Interaktif Menggunakan Adobe Flash. Jeis: Jurnal Elektro Dan Informatika Swadharma, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.56486/jeis.vol1no1.56

Muhammad, I., & Yolanda, F. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.11083

Rezi, F., & Pramudita, R. (2020). Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash di Tk As - Syifa Bekasi. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, 4(2), 175–184.

Ritonga, A. A., Bangun, B., & Pane, R. (2021). Perancangan Program Animasi Interaktif Pengenalan Tata Surya Dengan Menggunakan Adobe Flash Professional cs6 (Studi Kasus SD Swasta Sripinang). Journal Computer Science and Information Technology(JCoInT) Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu, 1(1), 9–15.

Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v5i1.7719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.