Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate untuk Media Pembelajaran di SDN 09 Sunter Agung

Zahra Nasywa Zain, Zahra Nasywa Zain

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan Adobe Animate dalam pembelajaran interaktif di SDN 09 Sunter Agung sebagai upaya pengabdian masyarakat. Teknologi ini digunakan untuk membuat media interaktif yang dapat memperkaya proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan meliputi pelatihan para siswa dengan kuis menggunakan media interaktif Adobe Animate. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, analisis konten kualitatif, dan evaluasi umpan balik subjektif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Adobe Animate meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah pemahaman materi. Meskipun demikian, beberapa tantangan dalam adaptasi teknologi dan kebutuhan pelatihan tambahan diidentifikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Adobe Animate memiliki potensi signifikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar dan merekomendasikan pelatihan berkelanjutan untuk mendukung penerapan teknologi secara efektif.

Keywords


Pengabdian Kepada Masyarakat, Media Interaktif, Adobe Animate, Animasi Edukasi, Pembelajaran Interaktif, Teknologi dalam Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adif, M. H., Setiawan, I. R., & Frazna Az-Zahra, F. (2022). Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Permainan Kuis Sistem Peredaran Darah Berbasis Android Studi Kasus Materi Ajar Kelas 5 Sdn Cipanas Kota Sukabumi Application of Fisher-Yates Shuffle Algorithm in Android-Based Circulatory System Quiz Game Case. IJIS Indonesian Journal on Information System, 7(September), 122–133.

. Alkalah, C. (2016).Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate Untuk Keterampilan Membaca Materi Teks Eksplanasi Kelas VIII MTs. Al Karimi 1 Gresik. 19(5), 1–23.

. Aryanti, P. G., Lailany, A. A., Amelia, I., Regita, A. N. H., Setiawan, K., & Yel, M. B. (2024). Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–75. https://doi.org/10.59431/ajad.v4i1.282

. Dini Maielfi, Wahyuni, S., & Nurpatri, Y. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Animate. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v9i1.1536

. Faiq, W. A. A., & Fiangga, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Rme Menggunakan Adobe Animate Untuk Pembelajaran Materi Rasio Dan Proporsi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 211–221. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpp/article/view/6988

. Hendrick, Z. T., Nabilah, R., Hidayat, O. S., Chandra, N., & Utami, M. (2024). Analisis Kebutuhan Media Animasi Digital Interaktif Berbasis Adobe Animate Dalam Pelajaran IPA SD. 9, 1371–1377.

. Lestari, T. A., Handayani, B. S., & Suyantri, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Untuk Siswa SMA Kelas X di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2012–2018. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1641

. Rahmawati, N. S., Qomaria, N., Yuniasti, A., Wulandari, R., Ahied, M., Rendy, D. B., & Putera, A. (2023). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Dengan Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(2), 11–19.

. Saniriati, D. M. D., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 132. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p132-145

. Septian, D., Fatman, Y., Nur, S., Islam, U., & Bandung, N. (2021). Implementasi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 15–24.




DOI: https://doi.org/10.52447/km.v5i1.7719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.