DESAIN BRANDING LOGO, MENU, SPANDUK, BANNER UMKM DI KANTIN UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
Abstract
Studi ini bertujuan untuk merancang logo branding, menu, banner, dan spanduk untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Desain ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Desain logo menggunakan warna-warna cerah dan kontras untuk menarik perhatian dan menciptakan kesan modern dan profesional. Desain menu sederhana dan mudah dibaca, dengan layout dan tipografi yang jelas. Desain banner dan spanduk menarik dan informatif, menyoroti poin-poin penjualan unik produk UMKM.Proses desain menggunakan Canva dan Coreldraw sebagai alat desain, yang memungkinkan pembuatan materi desain dengan mudah dan cepat. Desain dievaluasi berdasarkan efektivitasnya dalam meningkatkan kesadaran merek, penjualan, dan kepuasan pelanggan. Hasilnya menunjukkan bahwa desain efektif dalam mencapai tujuannya, dengan peningkatan kesadaran dan pengenalan merek, serta peningkatan penjualan dan kepuasan pelanggan.Dalam penelitian ini, kita juga menemukan bahwa desain yang baik dapat membantu meningkatkan citra UMKM di mata masyarakat. Oleh karena itu, desain yang efektif sangat penting untuk meningkatkan kesuksesan UMKM. Dengan demikian, penelitian ini dapat membantu UMKM di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta untuk meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek, serta meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.
Keywords
References
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188
Masyarakat, J. P., Alfiansyah, R., Pamungkas, R. A., Rosmaningsih, D. E., Swadaya, U., & Jati, G. (2023). Musyawarah: Edukasi Pemasaran Produk Umkm Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(0), 7. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/musyawarah/
Shofi, N. L., Swasti, I. K., & Manajemen, J. (2024). MARKETING STRATEGY FOR MSMEs IN SIRAH KENCONG THROUGH BANNER. 3(1), 81–86.
PRAMONO, ANTONIUS RADITYA. KAJIAN BENTUK DAN MAKNA LABEL MAKANAN RINGAN DI KOTA SOLO. Diss. FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN, 2018.
Rosyada, Mohammad, and Anah Wigiawati. "Strategi survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di tengah pandemi COVID-19 (studi kasus pada “Batik Pesisir” Pekalongan)." Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen 4.2 (2020).
Vinatra, Satriaji. "Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat." Jurnal Akuntan Publik 1.3 (2023): 01-08.
DOI: https://doi.org/10.52447/km.v4i2.7747
Refbacks
- There are currently no refbacks.