Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Pada Usaha Ikan Air Tawar Di Pasar Ikan Jakarta Pusat

Lukiyana Lukiyana, Fauziah Fauziah, Diansyah Diansyah, Kiko Armenita Julito, Masnia Ahmad, Linayatul Mukarromah, Fitri Nurjati Wansesa

Abstract


Budidaya adalah kegiatan untuk memproduksi mengembangkan biota (organisme) di lingkungan terkontrol dalam rangka mendapatkan keuntungan (profit). Budidaya air tawar adalah kegiatan untuk meningkatkan produktivitas perairan khususnya ikan air tawar. Kegaiatan budidaya yang dimaksud adalah kegiatan pemeliharaan untuk memperbanyak, menumbuhkan, serta meningkatkan mutu biota air sehingga diperoleh keuntungan. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan digital marketing dalam pengembangan bisnis pelaku UMKM budidaya ikan air tawar di pasar ikan Jakarta Pusat. Masalah utama yang dihadapi pelaku tersebut ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan usaha secara online. Rendahnya pengetahuan pemasaran berdampak pada rendahnya volume penjualan yang berpengaruh bagi pengembangan bisnis budidaya ikan air tawar Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh pelaku usaha ikan air tawar di pasar ikan Jakarta Pusat. Kegiatan ini melibatkan tim dosen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dalam upaya menjalani Kerjasama dengan pihak masyarakat dalam rangka mengembangkan usahanya. Metode pelaksanaan dalam abdimas ini menggunakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendesripsikan serta menganalisis Pemberdayaan Mayarakat Nelayan dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi di wilayah Jakarta Pusat. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat agar masyarakat khususnya para nelayan paham perlunya teknologi digital marketing untuk memasarkan usaha mereka secara efektif. Berdasarkan data pengabdian dilapangan dengan diadakan pengabdian ini masyarakat mempunyai kemampuan untuk melakukan pengembangan usaha yang telah dimilikinya dengan pengarahan dari beberapa pemateri.

Kata kunci: Digital marketing, Budidaya ikan air tawar, Pengembangan UMKM


Full Text:

PDF

References


Agustina, E., & Imaniar, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pondok Mimbo Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Administrasi Kependudukan Dan Kemandirian Nelayan Empowerment of Pondok Mimbo Coastal Communities in an Effort to Increase Awareness of Population Administration and Fisherman. Journal of Aquaculture Science, 6, 214–223.

Akmal, Y., Humairani, R., & Zulfahmi, I. (2019). Pemanfaatan Air Buangan Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) Sebagai Media Budidaya Daphnia sp. Jurnal Biosains Dan Edukasi, 1(1), 22–27.

Fauziah, F., Lukiyana, L., Wijayanto, H., Pangestu, A. R., Hidayat, Z. S., & Hidayat, A. S. (2022). PEMULIHAN KORBAN GEMPA CIANJUR MELALUI PROGRAM RUMAH BELAJAR ANAK DI DESA CIBULAKAN KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT. PANDAWA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Hariyanto, S. (2014). Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Bonorowo, 2(1), 55–70.

Hasan, H. A., & Azlina, N. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Skema Pembiayaan Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta Dan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 90.

Novianti, K. R., Roz, K., & Sa’diyah, C. (2021). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks" SOLIDITAS"(J-SOLID), 4(2), 187–193.

Nurrohman, T. (2019). Implementasi Digital Marketing Komunitas# Ayokedamraman Sebagai Strategi Pengembangan Objek Wisata Dam Raman Kota Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro). Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nuryanto, N., & Haryono, H. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah Melalui Koperasi Nelayan Dan E-Commerce. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 18(1), 49–63.

Nusantara, C. A. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas Eas Technonopreneurship Digital Content (A). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas Eas Technonopreneurship Digital Content (A).

Rahim, M., Tahir, M., & Rumbia, W. A. (2014). Model Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah Pesisir dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. The Winners, 15(1), 23–33.

Tinambunan, H. S. R. (2016). Pemberdayaan masyarakat desa pesisir melalui penguatan budaya maritim dalam menghadapi pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN. Fiat Justisia Journal of Law, 10(1), 15–33.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v2i1.6671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.