SOSIALISASI DAN SIMULASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN DI SMA N 41 JAKARTA UTARA

Herlina Muzanah Zain, Dejehave Al Jannah, Made Maya Padmi, Muhammad Lukman Hakim, Ummi Zakiyah, Madi Ramadhan, Siti Nur Laila Basir

Abstract


Gempa  bumi  merupakan  salah  satu peristiwa alam  yang  belum  bisa diramalkan kejadiannya dan  dapat  menimbulkan  kerugian  material  hingga  merenggut  korban nyawa  manusia.  Oleh  karena  itu, peristiwa  gemba  bumi  perlu  diinformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kepada siswa sekolah. Dalam pengabdian kepada masyarakat ini, 30 (tiga puluh ) peserta didik, terdiri dari kelas IX. Hasil  pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat  ini  menunjukkan  bahwa para siswa mengikuti   penyuluhan terkait mitigasi becana gempa  secara   sungguh-sungguh,   baik   dalam   bentuk mendengarkan   informasi   yang   diberikan. Selain itu, juga di sertai dengan kegiatan dalam bentuk simulasi gempa yang dipraktikan secara langsung.  Banyak siswa yang telah bisa  memahami  materi mengenai mitigasi gempa yang  diberikan  namun dalam hal menyikapi kesiapsiagaan bencana gempa diperlukan peraga pendukung seperti petunjuk arah agar memudahkan proses evakuasi pada saat gempa terjadi. Berdasarkan temuan tersebut, maka disarankan agar siswa meningkatkan pengetahuan terkait mitigasi becana dan Pemasangan petunjuk evakuasi dilingkungan sekolah.


Keywords


Gempa Bumi, Miitgasi Bencana, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sdn 2 Wates Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1-7.

Berns, R. M. (1997). Child, family, school, community socialization and support. United States of America: Harcourt Brace College Publisher.

Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (tt). Pengenalan Gempabumi. Vulcanological Survey of Indonesia (VSI)

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 12(2), 114-125.

F. Suciana, D. Permatasari. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Holistic Nursing Science, vol. 6, pp. 44-51.

Fika Nur Indriasari. (2016) ”Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi terhadap Kesiapsiagaan Anak di Yogyakarta.” Jurnal Keperawatan Soedirman. Volume 11 No 3 November

Hijrah Purnama Putra dan Reza Aditya. (2014) ”Pelatihan mitigasi bencana kepad anak usia dini.” Jurnal inovasi dan kewirausahaan No 2 Mei 2014.

Humsona, R., Yuliani, S., & Pranawa, S. (2019, November). Kesiapsiagaan Anak dalam Menghadapi Bencana: Studi di Kabupaten Sleman. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 2, No. 1, pp. 1-8).

Jefta Leibo, Sri Yuliani, Rahesli Humsona. (2013). Mitigasi Berbasis Gender. Prosiding Seminar Nasional UNS-HIPIIS.

Kemdikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pendidikan Tangguh Bencana: Mewujudkan Satuan Pendidikan Aman Bencana Di Indonesia. Jakarta, Indonesia

Subagia, I Wayan dan I G. L. Wiratma. (2012). Kurikulum Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA

Suharjo. (2011). Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Mengurangi Risiko Bencana. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Juni. Th XXX. 2.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v2i1.6850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.