Penyuluhan Strategi Membangun Brand Awarness Produk pada Anggota PKK di Warakas

Dinar Ayu Chandra Agustin, Vidya Kusumawardhani, Indrawati Indrawati, Dewi Maria Herawati, Sugeng Wahjudi, Danang Trijayanto

Abstract


Perkembangan teknologi mengubah gaya hidup masyarakat salah satunya adalah kegiatan pemasaran yang awalnya dilaksankan secara konvensional kini beralih menjadi digital. Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran yang memanfaatkan internet untuk dapat menjangkau pasar yang luas. Salah satu strategi digital marketing adalah dengan membentuk, mempertahankan dan meningkatkan brand awareness pada calon konsumen. Namun sayangnya masih banyak pelaku usaha yang telah melakukan digital marketing dalam usaha atau produknya tetapi kurang memahami fungsi dan peran brand awareness, sehingga hasil dari pemasaran yang dilakukan kurang memuaskan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan strategi membangun brand awareness bagi masyarakat yang mayoritas bermatapencaharian sebagai pedangang, yakni di kelurahan warakas, kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Metode yang digunakan yakni, observasi, ceramah, diskusi dan evaluasi kuantitatif. Dari hasil kegiatan diperoleh bahwa 93,3% peserta menjadi lebih memahami menganai brand awareness, keuntungan apasaja yang didapatkan ketika menerapkan brand awareness pada produk dan mengetahui cara-cara untuk membentuk brand awareness.


Keywords


Pemasaran Digital, Brand Awareness, Warakas

Full Text:

PDF

References


Hidayat, F. (2021, Juli 27). Branding Jadi Kendala Utama Pelaku UMKM. Retrieved from beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/ekonomi/806313/branding-jadi-kendala-utama-pelaku-umkm

Humaira, F. R. (2022, 7 14). Pemanfaaran Internet oleh Pelaku Usaha Digital. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/pemanfaatan-internet-oleh-pelaku-usaha-digital

Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis Perencanaan, Impelementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba.

M. F. K, A. (2009). Relevandi Status Sosial Ekonomi Terhadap Kepedulian Lingkungan Hidup dalam Konteks Indonesia Sebagai Negara Berkembang (Studi Kasus Rukun Warga 11. Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara). Jakarta: Universitas Indonesia.

Pranata, I. W., & Pramudana, K. A. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awarness) dalam memediasi hubungan iklan oppo dengan niat beli konsumen. Jurnal Manajemen Unud Vol 7. No 10, 5230-5257.

Sari, S., Syamsuddin, & Syahrul. (2021). ANALISIS BRAND AWARENESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP. Journal of Business Administration (JBA), Vol.1, No.1, 37-48.

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v2i1.6961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.