INOVASI PEMBUATAN PENANDA NAMA RW PADA WILAYAH DESA PANTAI HARAPAN JAYA

karisma selian, Fadia Nida Mufliha, Ricky Harianja

Abstract


Desa Pantai Harapan Jaya merupakan salah satu desa dari enam desa yang terletak di Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Wilayah Desa Pantai Harapan Jaya yang luas ini belum memiliki batasan, penanda atau patok jalan (penanda) di setiap dusunnya, dilihat dari wilayahnya yang sangat luas inilah dan berdasarkan dengan hasil observasi survei yang telah dilakukan KKN kelompok 4 memutuskan untuk membuat penanda nama RW atau Dusun sebagai salah satu program kerja kelompok kami. Pembuatan penanda nama RW atau Dusun Bersama Kelompok 4 dilakukan dengan menggunakan kayu tipis dan stiker dikreativitaskan menjadi lebih menarik. Tujuan adanya penanda atau patok jalan adalah untuk memberikan batasan yang jelas antar RW atau Dusun, sehingga memudahkan masyarakat dan orang luar yang datang ke Desa Pantai Harapan Jaya. Pembatas antar RW atau Dusun ini dibuat di setiap RW atau Dusun Desa Pantai Harapan Jaya yang memiliki 5 dusun dan 14 RW, dan 27 Rukun Tetangga (RT) yang tersebar diwilayahnya. Pembuatan penanda berjalan dengan baik akan tetapi tidak terealisasikannya membuat penanda nama RW atau Dusun Bersama dengan masyarakat setempat yang terbuat dari kayu dan bambu yang dicat dikarenakan anggaran dan waktu yang tidak memadai.


Keywords


Desa Pantai Harapan Jaya, Muara Gembong, Papan Nama, Penanda Batasan RW

Full Text:

PDF

References


Amaral, M. A. L., Toni, F. G., Taek, A. Y., Fatima, F. K., Ximenes, M. I. T., & Sinlae, A. A. J. (2023). Pembuatan dan Pemasangan Papan Nama Dusun di Desa Naitimu. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 36-40.

Budiyono, E. F. C. S. (2023). Penerapan Inovasi Penanda Lokasi bagi Wilayah Dusun Sawahan, Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Atma Inovasia, 3(4), 335-338.

Florian G. A. Toni, Aplianus Y. Taek, Florianus K. Fatima, Maria I. T. Ximenes, Alfry A. J. Sinlae, M. A. L. A. (2023). Pembuatan dan Pemasangan Papan Nama Dusun di Desa Naitimu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 36–40.

Nugraha, B., & Wahiddin, D. (2023). Pembuatan Sarana Desa Untuk Papan Nama Gang Dusun Pada Desa Payungsari. ABDIMA JURNAL PENGABDIAN MAHASISWA, 2(2), 6717-6723.

Program kegiatan pengabdian masyarakat KKN atau Kuliah Kerja Nyata https://www.its.ac.id/drpm/id/program-kegiatan/pengabdian-masyarakat/kuliah-kerja-nyata/ diakses pada 04 september 2023

Prabowo, Y. P., Kushartono, E. V., Benita, G., Wibawa, A., Carissa, K. P., Poetra, Y. A., Liliana, A., Putra, F. N., Satrio, R., K, N. R. H., Fiesta, E., Shinta, C., Atma, U., Yogyakarta, J., No, J. L. B., Depok, K., Sleman, K., & Istimewah, D. (2023). Penerapan Inovasi Penanda Lokasi bagi Wilayah Dusun Sawahan , Kabupaten Gunungkidul. 3(4), 3–6.

Saputra, A. J., Ferdinand, F., Kenny, K., Mita, S., & Situmorang, E. (2021, September). Peningkatan Fasilitas Dengan Pemasangan Papan Nama Dan Pengelolaan Sampah Mandiri Berbasis Masyarakat Di Perumahan Baloi Mas Asri. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 3, No. 1, pp. 298-306).

Saribanon, N., dkk. (September 2017). Potensi Keanekaragaman Hayati Muaragembong Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional.hlm.1.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v3i1.7153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.