PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH TANGGA DENGAN BUDGETING PADA IBU RUMAH TANGGA DI RW 05 KELURAHAN KALIBARU, KECAMATAN CILINCING JAKARTA UTARA

siti aisyah, Ike Febriani, Saiful Saiful, Rorina Sabrina, Fakhrur Reza, Millenia Putri Anastasya, Siti Rabiaatul Aslawiyah, Zakaria Zakaria

Abstract


Meningkatnya kebutuhan pokok tidak sejalan dengan meningkatnya pendapatan dari rumah tangga yang terbilang rendah/terbatas sehingga memaksa individu untuk dapat hidup hemat dan lebih bijak  mengelola keuangan di dalam keluarga. Hal ini sering menjadi permasalahan karena banyak keluarga yang masih menganggap, bahwa pengelolaan keuangan bukanlah suatu hal yang penting. Tujuan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan keuangan keluarga di RW 05, Kelurahan Kalibaru, khususnya mengenai perencanaan keuangan keluarga, membuat anggaran yang ideal sehingga alokasi keuangan tepat sasaran. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program adalah metode ceramah dan tanya jawab Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai tim pengabdi.. Evaluasi keberhasilan program ini dengan menyebarkan pre-test dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta sosialisasi. Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman  sebanyak 75% mengenai pentingnya pengelolaan keuangan rumah tangga dengan budgeting, Sebanyak 65% menganggap sangat bermanfaat dengan adanya manajemen keuangan rumah tangga, dan setelah pelatihan keinginan peserta untuk mencoba membuat anggaran belanja untuk rumah tangga sebanyak 80% dalam kehidupan sehari-hari, sebagai bentuk untuk mewujudkan keluarga Sejahtera di wilayah RW 05, Kelurahan Kalibaru.


Keywords


Anggaran; Pengelolaan Keuangan; Keluarga

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, M., & Ramli, M. (2020). MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 6(3), 145–152. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v6i3.188

Bakti Parahita, J., Pengabdian Masyarakat Bakti Parahita, J., Yulita, T., & Iga Firdianti, D. (2021). Yulita dan Firdianti PENYULUHAN PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA BERBASIS OJK DI MASA PANDEMIK KEPADA MASYARAKAT KORBAN BANJIR SUNGAI CILIWUNG COUNSELING OF PLANNING THE FAMILY FINANCE DURING THE PANDEMIC TO THE CILIWUNG RIVER FLOOD VICTIM COMMUNITIES.

Fitriana, A., Setyanugraha2, R. S., & Hasibuan, R. R. (2021). Perwira Journal of Community Development PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT YANG MANDIRI KELURAHAN TELUK KABUPATEN BANYUMAS.

Gautama, B., Dosen, (, Ekonomi, F., Islam, B., & Padangsidimpuan, I. (2019). IBU RUMAH TANGGA DALAM MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 03(2).

Handayani, N. (2013). CARA SEDERHANA MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA. In Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera (Vol. 11, Issue 22).

Irhamsyah, F. (2019). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Dampaknya Bagi Ketahanan Nasional. www.unsplash.com

Judika, M., Siringoringo, B., Saragi, D., Lenida, L., Sianipar, R., Samosir, A. T., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BAGI KELUARGA DAN NAPOSO DI HKBP PAGAR JATI LUBUK PAKAM. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat, 02, 133–139.

Langgeng Ratnasari, S., Nora Susanti, E., Widiyah Nasrul, H., Tanjung, R., Sutjahjo, G., & Riau Kepulauan, U. (2021). PKM MENGELOLA KEUANGAN RUMAH TANGGA PADA IBU-IBU DI KECAMATAN SAGULUNG KOTA BATAM UNTUK MENUJU KELUARGA SEJAHTERA. Jurnal Kemitraan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.14414/Kedaymas.2021.v01i01.001

OJK, B. P. K. K. (2017). PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/DetailMateri/25

Purba Rosanna. (2020). Manajemen Keuangan Rumah Tangga Pada Perkumpulan Marga “Partuppuan Purba Pakon Boruni” Desa Sirpang Sigodang, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun. Jurnal Abdimas Mutiara, 1.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v2i2.7156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.