PELATIHAN PENGUATAN PERAN PEMERINTAH DESA DALAM UPAYA PELAKSANAAN SUSTAINANBLE DEVELOPMENT GOALs DESA GUNUNG MUDA

Ummi Zakiyah, Muhammad Lukman Hakim, Yuli Hidayati, Lisa Oktaviani, Erwin Mashud, Wahyu Hidayat

Abstract


Pemerintahan desa adalah pelaku utama dalam pergerakan Pembangunan dan kemajuan serta kesejahteraan Masyarakat desa. SDGs Desa adalah sebuah upaya terpadu untuk pembangunan ekonomi, social, lingkunga, hukum dan tata kelola masyarakat. SDGs desa juga merupakan salah satu program pembangunan berkelanjutan yang sedang dirancang secara serius oleh pememerintah Indonesia. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pelatihan penguatan kapasitas pemerintah desa dalam upaya pelaksanaan sustainanble development goals desa gunung muda. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode sosialisasi dan focus grup diskusi yang dilakukan bersama seluruh Perangkat Pemerintahan Desa Gunung Muda. Dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan telah berhasil memberikan pengetahuan dan pemahaman baru tentang sustainable depelovment Goals Desa. Perangkat desa menjadi paham dan menjadi potensi desa yang bisa dikelola dan akan dilakukan Upaya tindak lanjut suapya bisa menerapkan pola Pembangunan yang berkelanjutan. Perangkat desa menginginan adanya kegiatan pelatihan dan pembimbingan secara berkelanjutan untuk memonitoring mengevaluasi sejauhmana pemerintah desa bisa mengimpelemntasikan SDGs Desa.

Keywords


Penguatan, Perangkat Desa, SDGs Desa

Full Text:

PDF

References


Edi Kurniawan, A. G. (2022). BUKU PANDUAN UNNES GIAT Penguatan Generasi Milenial Mendukung SDGs Desa. Semarang: LPPM UNNES.

Fiddiniyah, A. F. (2021). Peran Komunikasi Pembangunan Dinas Koperasi, Ukm, Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Indramayu Dalam Memberdayakan Umkm Di Indramayu. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, Vol 12 nomor 1.

Herlina Muzanah Zain dkk. (2023). SOSIALISASI DAN SIMULASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DALAM . Jurnal Pandawa, 13-22.

Rini Ambarwati, Aidinil Zetra, Syahrizal. (2023). Efektivitas Sosialisasi Pemilu 2019KPUKabupaten Indragiri Hulu (Studi Terhadap Banyaknya Surat Suara Tidak Sah). Jurnal Niara, 571-580.

Rini Ambarwati, Dkk. (2023). Efektivitas Sosialisasi Pemilu 2019KPUKabupaten Indragiri Hulu (Studi Terhadap Banyaknya Surat Suara Tidak Sah). Jurnal Niara, 571-580




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v2i2.7368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.