SOSIALIASI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI SMAN 92 Jakarta
Abstract
Teknologi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari keterampilan dalam pembuatan alat, pengolahan, dan ekstraksi benda untuk memecahkan masalah serta memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan, terutama dalam pendidikan, dengan lahirnya konsep e-learning. E-learning telah membuka pintu bagi pendidikan yang lebih efektif dan efisien, memungkinkan peserta didik untuk aktif berpartisipasi dan mengembangkan kreativitas mereka. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, e-learning telah memberikan manfaat besar bagi peserta didik, pendidik, dan pengelola pendidikan. Selain meningkatkan fleksibilitas program dan membuat bahan pembelajaran lebih menarik, e-learning juga berperan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Teknologi informasi tidak hanya menjadi alat untuk meningkatkan efisiensi belajar, tetapi juga mengubah cara kolaborasi antara peserta didik dan pendidik terjadi, serta mendorong masyarakat untuk memiliki literasi komputer yang lebih baik. Namun demikian, perubahan ini juga menghadapi tantangan, seperti aksesibilitas infrastruktur digital yang belum merata di seluruh wilayah Indonesia dan kebutuhan akan pelatihan yang lebih luas terkait teknologi. Meskipun begitu, penerapan teknologi informasi dalam pendidikan telah membawa dampak positif yang signifikan. Ini termasuk memperluas akses pendidikan ke daerah-daerah terpencil serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif. Dengan adanya pengabdian masyarakat ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelajar SMAN 92 Jakarta khususnya siswa / i kelas 12 Mipa 3 mengenai konsep dasar teknologi informasi, perkembangan terkini dalam hal tersebut serta penerapan di kehidupan sehari hari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani,(2011), Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran, Jakarta,Universitas Terbuka.
Cook, Melissa A. Building Enterprise Information Technology Architectures – Reengineering Information Systems, Upper Saddle River: Prentice-Hall Inc., 1996.
Applegate, Lynda M, Warren McFarlan and James Kenney. Corporate Information Systems Management, Boston, Massachusetts: McGraw-Hill, 1999.
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Konsep Dasar Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Mukhsin, Mukhsin. "Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi." Teknokom 3.1 (2020): 7-15.
Kumar Basak, Sujit, Marguerite Wotto, and Paul Bélanger. "E-learning, M-learning and D-learning: Conceptual definition and comparative analysis." E-learning and Digital Media 15.4 (2018): 191-216.
DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v2i2.7654
Refbacks
- There are currently no refbacks.