INTEGRASI TEKNOLOGI CHATGPT DALAM EKOSISTEM PERGURUAN TINGGI UNTUK MENDUKUNG PRODUKTIVITAS DAN INOVASI ILMIAH

Sry Dhina Pohan, Handy Fernandy, Yuni Handayani, Rahmi Darnis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan ChatGPT dalam ekosistem perguruan tinggi guna mendukung produktivitas dan inovasi ilmiah. ChatGPT, sebagai teknologi kecerdasan buatan, membantu peneliti menghasilkan teks yang terstruktur, mengembangkan ide orisinal, dan membangun argumen persuasif, yang meningkatkan efisiensi penulisan ilmiah. Penelitian ini juga mengeksplorasi penggunaan ChatGPT dalam pendidikan tinggi untuk memfasilitasi pembelajaran interaktif dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan 76 peserta dari mahasiswa dan dosen Universitas Selamat Sri Kendal pada 16 Juni 2025. Hasil pretest menunjukkan variasi pemahaman peserta, dengan Pertanyaan 3 dan Pertanyaan 8 memperoleh 100% jawaban benar, sementara Pertanyaan 9 dan Pertanyaan 15 mencatatkan 95% dan 75% jawaban salah. Setelah materi disampaikan, posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan Pertanyaan 3 dan Pertanyaan 8 tetap 100% benar, serta peningkatan pada Pertanyaan 9 (75%) dan Pertanyaan 15 (82%). Hasil diskusi menunjukkan bahwa ChatGPT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung inovasi ilmiah. Meskipun teknologi ini memberikan banyak manfaat, tantangan etika dan risiko penyalahgunaan, seperti plagiarisme, harus tetap diperhatikan. Keberhasilan kegiatan ini terlihat dari peningkatan pemahaman peserta dan feedback positif mengenai penggunaan ChatGPT dalam tugas akademik.


Keywords


ChatGPT; Integrasi; Inovasi Ilmiah; Perguruan Tinggi; Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Abdilah, Y. A. (2023). Tinjauan Sistematis Etika Penggunaan ChatGPT di Perguruan Tinggi. INTEGRALISTIK, 34, 69–78. https://doi.org/10.15294/integralistik.v34i2.50278

Amien, A. A., & Kusumawati, H. (2024). Optimalisasi CHATGPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Ekologi di SMAN 4 Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 63–76. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17181

Baskoro, T., & Nuddin, S. R. (2024). Analisa Kinerja Chatgpt Dalam Menghasilkan Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Support Vector Machines (SVM). Journal of Informatics and Computer Science, 06, 787–793.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779

Febrian, W. D., Weraman, P., Moridu, I., Karang Utama, W., Rukiyanto, B. A., & Arifianto, T. (2024). Penggunaan Aplikasi Turnitin dan ChatGPT dalam Penyusunan Karya Ilmiah Terindeks Scopus. Communnity Development Journal, 5(1), 961–975.

Hermawan, T. R. P., & Dzikrillah, A. R. (2024). Penerapan Metode Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Pengguna Aplikasi ChatGPT di Google Play Store. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 6(1), 430–439. https://doi.org/10.47065/bits.v6i1.5400

Ningrum, D.K., & Ismawardi, A.M. (2025). Efektivitas Algoritma Kecerdasan Buatan dalam Implementasi Kesehatan Mental: Systematic Literature Review. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 689–698.

Ningrum, A. R., Saputra, B. A., Mahardika, Y., & Sari, N. P. (2024). Analisis Penerapan ChatGPT sebagai Alat Bantu Akademik dalam Meningkatkan Efisiensi dan Kreativitas Mahasiswa. Seminar Nasional Amikom Surakarta (SEMNASA), 1376–1384.

Prathama, R., Ramadhan, M. R., & Perdana, N. J. (2024). Eksplorasi Penggunaan ChatGPT dalam Perguruan Tinggi Berdasarkan Perspektif Etika Akademik. Teknik Dan Kedokteran, 02(01), 161–176. https://doi.org/10.24912/jsstk.v2i1.33547

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680

Zaenuddin, I., & Riyan, A. B. (2024). Perkembangan Kecerdasan Buatan (AI) Dan Dampaknya Pada Dunia Teknologi. Jurnal Informatika Utama, 2(2), 128–153.




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v4i1.8458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.