INTERNALISASI NILAI-NILAI ZERO WASTE SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA SMA PASUNDAN 1 KOTA SERANG
Abstract
Permasalahan lingkungan yang semakin kompleks menuntut adanya upaya konkret dalam menumbuhkan kesadaran ekologis sejak usia dini, khususnya di kalangan pelajar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai zero waste sebagai bagian dari pembentukan karakter peduli lingkungan bagi siswa SMA Pasundan 1 Kota Serang. Metode yang digunakan meliputi pendekatan edukatif, partisipatif, dan praktik langsung melalui workshop, simulasi pemilahan sampah, serta kampanye lingkungan berbasis media sosial.
Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep zero waste dan prinsip 5R (Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot), serta perubahan positif dalam perilaku sehari-hari siswa terkait pengelolaan sampah. Sekolah juga mulai mengadopsi kebijakan lingkungan berkelanjutan seperti program "Hari Tanpa Sampah Plastik". Keseluruhan kegiatan ini membuktikan bahwa integrasi nilai zero waste secara sistematis dan kontekstual dapat menjadi strategi efektif dalam membentuk karakter siswa yang peduli terhadap kelestarian lingkunganKeywords
Full Text:
PDFReferences
Reniou, F., Robert-Monnot, E., & Russell, C. A. (2025). How to Sustain Sustainable Practices? The Journey Toward Zero Waste Lifestyle. Journal of Consumer Research, ucaf028.
Săplăcan, Z., & Márton, B. (2019). Determinants of adopting a zero waste consumer lifestyle. Regional and Business Studies, 11(2), 25–39.
Song, Q., Li, J., & Zeng, X. (2015). Minimizing the increasing solid waste through zero waste strategy. Journal of Cleaner Production, 104, 199–210.
Tran, B. Y. (2019). Zero waste lifestyle.
Zaman, A. U. (2015). A comprehensive review of the development of zero waste management: lessons learned and guidelines. Journal of Cleaner Production, 91, 12–25.
DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v4i1.8564
Refbacks
- There are currently no refbacks.