MODEL INTERVENSI SOSIAL BERBASIS KOMUNIKASI ASERTIF UNTUK PENCEGAHAN BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH UPT SDN 002 KAMPUNG PINANG

Zahratul Hubbah Hubbah, Dian Namora, Novi Dini Restia

Abstract


Peningkatan kasus bullying di sekolah menunjukkan perlunya intervensi yang tidak hanya reaktif, tetapi juga preventif dan transformatif. Artikel ini mengembangkan model intervensi sosial berbasis komunikasi asertif sebagai pendekatan strategis untuk mencegah bullying di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang memadukan konsep intervensi sosial dan komunikasi asertif. Model dirancang melalui tahapan sistematis: asesmen awal, edukasi, penguatan emosi, pelatihan keterampilan, implementasi, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa komunikasi asertif dapat membekali peserta didik dengan kemampuan menolak tekanan sosial, mengelola emosi, dan menjalin hubungan sehat, yang semuanya berperan penting dalam memutus rantai perundungan. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini bersifat adaptif, kontekstual, dan memiliki potensi implementatif tinggi di lingkungan sekolah. Model ini juga memberikan arah baru dalam pengembangan kebijakan intervensi yang humanis dan berkelanjutan.


Keywords


komunikasi asertif; intervensi sosial; bullying

Full Text:

PDF

References


Agustin, N., Conia, P. D. D., & Prabowo, A. S. (2025). Implementasi Assertive Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Dengan Teman Sebaya. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(4), 898–904.

Alberti, R. E., & Emmons, M. L. (2017). Your Perfect Right: Assertiveness and Equality in Your Life and Relationships (10th ed.). New Harbinger Production.

Andriyani, H., Idrus, I. I., & Suhaeb, F. W. (2024). Fenomena Perilaku Bullying di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1298–1303. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2176

Bower, S. A., & Bower, G. H. (2004). Asserting Yourself: A Practical Guide for Positive Change. Da Capo Lifelong Books.

Fitriani, A. E., Putri, A. H., Suseno, C. R., & Supriyadi, T. (2024). Peranan Intervensi Sosial Dalam Pencegahan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi, 2(2). https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3465

Hardhiyanti, R. S., Pandjaitan, L. N., & Arya, L. (2020). Efektivitas Social Skills Training (SST) untuk Mereduksi Intensitas Bullying Pada Remaja | Hardhiyanti | Psikostudia: Jurnal Psikologi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(1), 1–10.

Iskandar. (2017). Intervensi dalam pekerjaan sosial. Penerbit Ininnawa.

Iswan, A. H., & Royanto, L. R. M. (2019). Intervensi Perilaku Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar sebagai Pelaku. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(2), 122. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p122-134

Jannah, P. M., & Djuwita, R. (2018). Intervensi Peningkatan Perilaku Prososial dalam Upaya Menurunkan Perundungan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 41–59. https://doi.org/10.30996/persona.v7i1.1466

Karyanti, K., Syarif, D. F. T., & Fatchurahman, M. (2024). Pelatihan Komunikasi Asertif dengan Teknik Psychoeducational Intervention untuk Mencegah Cyberbullying. Carmin: Journal of Community Service, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.59329/carmin.v4i1.115

Margawati, T. A. S., Jawandi, A., & Suryanti, H. H. S. (2023). Peningkatan kepercayaan diri melalui pelatihan asertif pada siswa kelas IV A SDN 02 Karangpandan di semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru, 1(2), 78–89.

Pipaş, M. D., & Jaradat, M. (2010). Assertive Communication Skills. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 2(12), 649–656. https://doi.org/10.29302/oeconomica.2010.12.2.17

Rahayu, G., Firman, F., & Ahmad, R. (2023). Intervensi Sosial Untuk Remaja Pengguna TikTok. MASALIQ, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i2.866

Ramdoni, A., & Fahrudin, A. (2020). PENGARUH INTERVENSI PENYULUHAN SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG PERUNDUNGAN DI SMP MUHAMMADIYAH PURASEDA. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 1(2), Article 2.

Salsabillah, C. S., Fitra, M. A., Zaidan, M. F., & Kusmawati, A. (2024). Intervensi Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 279–287. https://doi.org/10.61132/bima.v2i1.613

Sari, L., & Widyatmoko, W. (2025). Peningkatan Perilaku Asertif Pada Siswa Korban Bullying Di SMP Negeri 27 Kota Samarinda. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 65–74.

Sinulingga, E. F. R., & Asbi, E. A. (2022). Upaya Mengatasi Perilaku Bullying Pada Anak Melalui Edukasi Dengan Metode Intervensi Level Mikro (Casework). ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 91–97. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.504

Yuningsih, S., Rosmi, F., Sumarni, L., Swarnawati, A., & Muksin, N. N. (2023). Edukasi pencegahan bullying melalui pelatihan keterampilan berkomunikasi asertif bagi siswa di SDN Pamulang Indah Kota Tangerah Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 227–235.

Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2019). PERILAKU BULLYING: ASESMEN MULTIDIMENSI DAN INTERVENSI SOSIAL. Jurnal Psikologi, 11(2), 10.

Zuhriyah, U. (2024). Data Kasus Bullying Terbaru 2024, Apakah Meningkat? tirto.id. https://tirto.id/data-kasus-bullying-terbaru-2024-apakah-meningkat-g621




DOI: https://doi.org/10.52447/pandawa.v4i1.8604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.