STRATEGI POLITIK PASANGAN NANANG-PANDU DALAM KONTESTASI PEMILUKADA LAMPUNG SELATAN TAHUN 2020

Goestyari Kurnia Amantha, Komang Jaka Ferdian

Sari


Kontestasi pemilihan umum kepala daerah merupakan salah satu tanda keberadaan demokrasi di Indonesia. Persaingan para kandidat dalam kontestasi pemilihan kepala daerah tentunya memerlukan strategi untuk mendapatkan suara masyarakat secara luas. Berdasarkan hasil rekapitulasi angka partisipasi masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan hanya 64,77% artinya dibawah target nasional 77,5%. Sedikitnya partisipasi masyarakat tentunya menjadi menarik untuk melihat bagaimana strategi politik pasangan Nanang-Pandu dalam memaksimalkan perolehan suara hingga memenangkan kontestasi pemilahan umum kepala daaerah Lampung Selatan Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif dimana data yang diperoleh berupa uraian-uraian yang dapat menjelaskan dan memberikan gambaran atas fenomena yang sedang diteliti. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dihimpun dan dianalisis untuk selanjutnya dilakukan triangulasi sumber sebagai proses keabsahan data. Menangnya pasangan Nanang-Pandu dapat diidentifikasi dengan menggunakan teori SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan Nanang-Pandu mampu mengatasi faktor eksternal dan internal selama proses pemilihan kepala daerah. Kedua pasangan mampu memaksimalkan kekuatan (strength) dalam merebut suara pemilih di Lampung Selatan, mampu memanfaatkan peluang (opportunities), mampu mengatasi kelemahan (weaknesses) dan meminimalisir ancaman (threats) yang ada. Keberhasilan kedua pasangan dalam menjalankan strategi tentu saja tidak lepas dari adanya kerjasama tim, partai pengusung, koalisi pendukung, tim sukses dan seluruh jajaran simpatisan. Terlebih pasangan Nanang-Pandu memiliki pendukung yang loyal.  

Kata Kunci


strategi, politik, pemilukada

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdullah, R. (2005). Pelaksanaan Otonomi Luas Dengan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Amir, T. (2011). Manajemen Strategik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Antaranews. (2020, Desember 13). antaranews.com. Retrieved Desember 25, 2021, from KPU Lampung catat partisipasi masyarakat sebesar 74,31 persen: https://www.antaranews.com/berita/1893136/kpu-lampung-catat-partisipasi-masyarakat-sebesar-7431-persen

Batara, P. A., Prisanto, G. F., Ernungtyas, N. F., Irwansyah, I., & Hasna, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Pada Pemilu Legislatif. MetaCommunication; Journal Of Communication Studies is a Scientific Journal, 5(2). doi:http://dx.doi.org/10.20527/mc.v5i2.7812

Ibad, S., & Musdalifah, M. (2019). Partai Politik: Tinjauan Strategi Dalam Meraih Dukungan Massa. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 8(2). doi:http://dx.doi.org/10.31314/pjia.8.2.89-100.2019

Komisi Pemilihan Umum 2020. (n.d.). Pilkada2020.kpu.go.id. Retrieved Mei 2020, 2021, from Hitung Suara Pemilihan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Walikota: https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/18

Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Pramusinto, A., & Purwanto, E. A. (2009). Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik, Kajian Tentang Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia. Yogyakarta: Gaya Media.

Prihatmoko, J. J. ( 2005). Pemilihan Kepala Daerah Langsung-Filosofi, Sistem dan Problem Penerapan di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sembada, W. Y., & Sadjijo, P. (2020). Strategi Pesan Aktor Politik Dalam Media Sosial: Studi Kasus Akun Walikota Tangerang Selatan Banten. JURNAL KOMUNIKASI, MASYARAKAT DAN KEAMANAN, 2(1). doi:http://dx.doi.org/10.31599/komaskam.v2i1.673

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

Tjipton, F. (2006). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset.




DOI: https://doi.org/10.52447/polinter.v7i1.4578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.