PENGARUH KEPRIBADIAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP AKTIVITAS BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI UNIVERSITAS RESPATI INDONESIA JAKARTA

Doddy Astya Budy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian dan  pendidikan kewirausahaan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa di Universitas Respati Indonesia (URINDO), baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah ketua penerima  dana Program Kreativitas mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang didanai pada tahun 2017 sebanyak 122 mahasiswa dan sampel sebanyak 55 mahasiswa setelah diolah dengan menggunakan rumus Slovin dengan standar error 10%.  Pendekatan yang digunakan adalah analisis kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari angket sebagai alat pengumpulan data dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kepribadian dan  pendidikan kewirausahaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa di Universitas Respati Indonesia. Secara parsial kepribadian berpengaruh positif dan signifikan,begitu pula  Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan  terhadap aktivitas berwirausaha. Saran yang diberikan, mahasiswa hendaknya lebih aktif dalam mencari sumber belajar kewirausahaan yang lebih relevan apabila pendidikan kewirausahaan yang diterimanya dirasa belum dapat mempengaruhi aktivitas berwirausaha yang dijalankannya, sehingga dengan pendidikan kewirausahaan yang lebih relevan dapat mendorong perkembangan usaha yang dijalankannya.

Kata Kunci: Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan,  Aktivitas Berwirausaha


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung

 

Hasil gambar untuk google scholar