PENGARUH INTENSITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP ORIENTASI INDUSTRY CREATIVE TENUN IKAT KEPADA PELANGGAN MANCANEGARA

Sefri Nahak Seran, Frans Gana, Pius Bumi Kellen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui kemampuan akses corporate social responsibility yang memformulakan komunikasi pemasaran produk, sustainable objekti iklan, kepuasan pelanggan, integrasi produk competitive, kesejahteraan sosial dan budaya, ketersediaan fasilitas kepada pelanggan, dan orientasi industry creative tenun ikat NTT kepada pelanggan mancanegara dan konsumen domestik, pada usaha dagangan pusat oleh-oleh NTT C&A sebagai mobilisasi ekonomi industri kreatif yang menunjang pada daerah Provinsi NTT lebih khususnya daerah Kota Kupang, hal ini berkaitan dengan metode sebagai instrumen pengukur persoalan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data secara kuaalitatif dengan penyebaran angket, studi dokumentasi, wawancara, dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji koefisien regresi.

Kondisi populasi dalam penelitan yang digunakan pada obyek riset salah satunya pelanggan, se-Kota Kupang dapat berkunjung beli produk tradisional industry creative tenun ikat NTT, sesuai target populasi yang dimemiliki 399 responden, demikian pula sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa exponen komunikasi pemasaran produk berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.959, sustainable objektif iklan berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.689, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.488, integrasi produk competitive berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.409, kesejahteraan sosial dan budaya berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.329, ketersediaan fasilitas kepada pelanggan berpengaruh signifikan terhadap orientasi industry creative tenun ikat memperoleh value sebesar 0.414.

Korelasi antara orientasi industry creative tenun ikat temukan berpengaruh secara signifikan tercatat nilai sebesar 2.421 sehingga memiliki pengaruh nilai dominan atau tidak komperatif dengan komunikasi pemasaran produk, sustainable objektif iklan, kepuasan pelanggan, integrasi produk competitive, kesejahteraan sosial dan budaya, ketersediaan fasilitas kepada pelanggan, oleh sebab itu perlu mengembangkan dan meningkatkan inovasi produk dan mutu berbahasa asing yang lebih baik sehingga supremasi harga beli stagnan dan meningkat disetiap kalangan.

 

Kata kunci: Intensitas, corporate social responsibility, orientasi industry creative, tenun ikat, pelanggan mancanegara


Full Text:

PDF

References


Alfin Y.SO, Suwarsono, 1994. Perubahan Sosial dan Pembangunan. LP3E: Jakarta

Anonim, 2012. “Analisis Mekanisme Good Corporate of Marketing Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. http://ejournal.ukanjuruhan.ac.id.

Andaleb, 1998. “Pengaruh Consumer Education dan Service Quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada Makanan Kuliner Batak yang Terjual”. https://jurnaljam.ub.ac.id. (Vol: 07. No.02. Mei 2009)

Ardianingsih, 2012. “Pengaruh Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Komisaris Independen terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Tekstil dan Garmen Periode 2011 – 2013”. Jurnal. administrasi_ojsfeuaki.co.id Vol 17- No; 109/ 2010

A-Terrance, 2003-2004. Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu jilid 1. Alih bahasa oleh Revyani Syahrial dan Dyah Anikasari. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bharadwaj, 2002. “Penerapan Model Strategi Pemasaran Usaha Kecil Berbasis Web 2.0 Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Keci”. Studi Penerapan Model pada Industri Kecil Strategis di Kota Bandung, Jurnal. http://ekonomi_bandung.ac.id. Vol 315. No. 1. 2015.

, 1993 “Membangun Strategi Differensiatif Melalui Sumber Daya Potensial Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan”, Jurnal. www.unpad.id. Vol. 67-No/20/2013

Brown Sudjarwo 2009: 247. “Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa”. Jurnal . www.ojsiausubang.ac. Vol 111. No 81-2011

Candra Prasanna. “Corporate Volution And Value Creation”, MC Graw Hill Education India Private Limited, 2014

Dalton 2004, “Corporate Responsibility Decades Of Dialogue And Date. Academic Of Management Review” Jurnal. ojsugm.Vol; 28, No. 45 tahun 2011.

Day 2004: 146. “Marketing Riset terhadap Ketersediaan Manajemen Perusahaan”. 8th ed. Jhon Wiley dan Sons Inc.. USA.

Duddy, 1999. “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Kedekatan Hubungan dan Inovasi dan Upaya Pencapaian Keunggulan Bersaing Berkelanjutan”. ejournal.undip.ac.id.Volume: VI.No. 3. Desember 2007

Effendi 2009. “The power of Corporate Social Responsibility Terhadap Audit Omset Keseharian Pada Perusahaan Sabun Liveboy” Teori dan Implementasi, Jakarta: Salemba Empat. Jurnal. ojsui. Vol.27. No.306 tahun 2013

Ferdinand 2000-2006. “Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Penataan Internal Rumah Rusun-Nawa Di-jual Dengan Jangkauan Harga Rendah Pada Masyarakat Daerah Ungaran”. Jurnal. ojs.ungaran. Vol. 18 No. 10 Desember 2009: 30-87

Friedman, 2006. “Analisis Kepuasan Pengunjung dan Pengembangan Fasilitas Wisata Agro”. Jurnal.agroekonomi.unpad.ac.id, Volume: 24. No. 01, Mei 2006

Gemawat, 1986. “Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Aliansi Stratejik Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan”. Jurnal.oljn.udayana.ac.id.Vol: 45/No.18/2014

Goyal, 2001. “An Optimal Batch Size For a Production System Operating Under a Just In Time Deivery System”, internasional journal of production economics

Ghozali, 2001-2006. “The Study Aims to Determine the Effeck Of Work Experience and Motivation”. https://media.neliti.com

Gray, 1990. “Pengaaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan”. Jurnal.ekosyiahkuala.com. Volume, 01/ No, 02/ Juli 2008

Handoko, 2000: 6. “Asas-asas Marketing Pada Perusahaan Textile Seperpat Motor”. Edisi III, Yogyakarta: Liberty.

-2003: 4. “Prinsip Pemasaran Produk Transparan Menarik Perhatian Banyak Pelanggan”. Edisi 7 Jilid 1. Erlangga. Jakarta

Ibrahim,1998. “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk berperan Pada Pelayanan prima dan Kualitas Pelayanan Bagi Konsumen” Jurnal. ojsadministrasi.insbandung. Vol: 08. No 14/ 2013

Jaworski,1993 “Membangun Keunggulan Bersaing Pada Produk Perencanaan Inovasi Secara Masif”. httpps://ejournal.undip.ac.id. Vol-67/No.109/2011

Juanda, 2008. “Pengaruh Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk. Cabang Makasar”. Jurnal.unhas.ac.id. Vol: 73. No: 95/ 2009

Jhon.el, 2000. “Implemnetasi Konsep Triple Bottom Line Pada PT. PERTAMINA (Persero)”. Jurnal.uin-suka.ac.id.Volume: 27. Nomor, 40. Maret 2005

Kotler, 2004-2005. “Corporate Sosial Responsibility, Doing the Most Good for Your Company and Your Cause”. Penerbit: John Wiley & Sons Publisher, New Jersey, USA.

Muttaqin, 1989-2012. “Analisis Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada PT. Perkebunan Nusantara Iv-Sosa Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam” Jurnal. ojsa.ban.ac. No. 09 Maret 2014

Nasution, 2007. “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI”. Jurnal. ojsuin.jk. Vol.05, NO; 17 September 2015

Nazir, 2003. “Metode Penelitian Deskriptif Merupakan Suatu Metode Penelitian yang Mempelajari Masalah-Masalah yang Timbul Terhadap Masyarakat ”. Jurnal.unila.ac.id. Vol: 83/No. 91/2011

Oktapiyani, 2009. “Membangun Keunggulan Kompetitif Melalui Aliansi Stratejik Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan”, Jurnal. www.ekonomi&bisnissema.id Vol. 31 No. 17 Mei 2007: 91-202

Palvia 2002-2011. “Implementasi CSR Dalam Menunjang Kinerja UMKM”. Jurnal. onlsolo.co.

Papasiana, 2007. “Analisis Strategi Periklanan Terhadap Perusahaan Yang Begerak Dalam Produk Industralisasi Sepatu”. Jurnal. www.unpad.ac.id. Vol; 07/ No.61/ 2012

Porter March-April 1990-1998. “The Diamond-Four Determinants Of National Competitive Advantage”. e-journal.scopus. Vol; 05/ No. 18/ 2015.”

Pumbudi, 2006. “Pengaruh Produksi Karet Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Bulukumba Tahun 2008-20012”. Jurnal.uin.alauddin.aci.d. (Vol, 07/ No, 03/ 2014)

Purwaningtyas 2013. “Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Agency Problem Pada Perusahaan Go-Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal. Vol 80/ No.115, tahun 2016

Philip, 2005. “Pengaruh Promosi, Harga, dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada matahari departemen store Manado (Studi Kasus di Matahari Departemen Store Manado Town Scuare)”. https://ejournal.unsrat.ac.id Vol. 23/No.87/20011

Reuning-Elliot, 1998. “Intervention Method For Paticipatory Strategy Development and Implementation IPS- a Away To Enhance Strategic Thinking and Ecting of Smes”. Jurnal international and management student. Vol 3., No. 1. 2011.

Rukminto, 2005:17. Ilum Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. FISIP UI PRESS.

Rourke, 2004. “Penelitian Lanjut Bidang Kajian Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh”. https://ut.ac.id

Saksono, 2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Industri Kreatif Produk Lokal di Sumatera Utara Tahun 2006”. Jurnal. www.ojs.sumatera. Vol. 30 No. 51 Juli 2010: 56-78

Sedarmawarti, 2007. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, SBU Distribusi Wilayah Jakarta”. Jurnal.ilmialprodimanajemen.upm.ac.id. Volume: 03/ No. 01/ Oktober 2015

Srimindarti, 2004. “Balanced Scorecard Sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi”, Jurnal. onj.udayana. ac. Vol 3 no. 01.

Suwardjono, 2005. “Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia Tekonologi Informasi, dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah”. Jurnal.ums.ac.id. Volume: 03. Nomor: 61/ 2016

Soetjipto 1992 “Analisis Usaha Tenun Ikat Berbasis Pewarna Alam Di Kabupaten Sumba Timur: Kasus di Kecamatan Kambera dan Umalulu”. Jurnal. ojs.ugm.co. Vol. 33, No. 1, Juni 2016, 67-84.

Sugiyono, 2007-2013. “Kepemilikan Manajerial dan Institusional Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal ojsui. Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 129-139.

Sutedi, 2012:144. “Strategi Komunikasi Pemasaran Universitas Muhammadiyah Magelang” Jurnal. Vol;67-No. 309/2015

Schumpeter 1939 “The Theory of Economic Defelopment dan Business Cycles”. Jurnal Vol. 13 No. 91 agustus 2013: 18-67

Soetjipto, 1998. “Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia”. Studi Empirik Lembaga Kependidikan Regional Provinsi Jawa Tengah, Jurnal. olsjwt. Vol 30.. No. 31. 2012

Theresia, 2019. Pemberdayaan Masyarakat Belu Melalui Penerapan Pelatihan Industri Kreatif Tenun Sebagai Pendapatan yang Mudah Diperoleh Dari Pelanggan Mancanegara Maupun Konsumen Domestik. http://timexkupang.ac

Tjiptono, 1997:24. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Uncles, 2000 “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Konsumen Pada Perusahaan Karetek”. Jurnal. undip. ac.id. Vol; 28/No;56/2006

Wardhani 2010:75. “Good Corporate Melalui Penerapan Penjaminan Mutu Prosedur Pelayanan” Jurnal Volume 5, Nomor 3, Oktober 2009.

Wibisono, 1997. “Pengaruh Stres Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Nasional Indonesia”. Jurnal.https://dspace.ac.id. Volume, 51. No, 29/ 2014

Widiastuti, 2005. “Pengembangan Pasar Tenun Serat PT. Retota Sakti Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah”. Jurnal Vol. 9 No. 1 http://journal.ipb.ac.id.

Yusca 2006. “Penerapan Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank X Tbk, Kanwil X”. Jurnal. http://p3i-pusat.com. Vol: 11 / 15 maret 2012

Yuhasril, 2002. “Teori Struktur Modal Perusahaan, Modul Manajemen Keuangan Lanjutan, Seminar Manajemen Keuangan Lanjutan, Universitas Mercu Buana”. Jurnal. ojsjak.ac Jakarta, 2008

Yuwallianti, 2006. “Optimasi Keuntungan Dalam Produksi Industri Kripik di GANG PU. Bandar Lampung”. Jurnal.unila.ac.id. Vol: 38.No.71/2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung