PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PETROKIMIA CABANG MEDAN

Dodi Pramana

Abstract


Abstrak

            Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut semua orang untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut, terutama para karyawan dalam suatu perusahaan. Kinerja dalam suatu organisasi merupakan suatu tolak ukur untuk menentukan berhasil tidaknya organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu melalui pelatihan kerja dan pemberian motivasi. Pelatihan diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap karyawan, begitupun dengan adanya motivasi yang diharapkan dapat mendorong kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Petrokimia Cabang Medan. Kuesioner penelitian ini dibagikan kepada 195 karyawan dengan teknik simple random sampling, yaitu sampling sacara acak.  Penelitian ini menggunakan data primer dan data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, untuk menguji variabel pelatihan dan motivasi kerja pada kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja tidak memiliki pengaruh  pada kinerja karyawan, sedangkan pelatihan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan secara simultan.

Keyword : Pelatihan, Motivasi Kerja, dan Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Malayu, Hasibuan. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Siagian, Sondang. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : ALFABETA.

Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Suyanto, Bagong dan Sutinah. 2013. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana.

Deni Primajaya. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja dan Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pertamina (Persero) UPMS IV Semarang. Semarang: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Leonando Agusta dan Eddy Madiono Sutanto. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV HARAGON Surabaya. Universitas Kristen Petra: AGORA Vol. 1, No. 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung

 

Hasil gambar untuk google scholar