Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Brand Trust Pada Produk Kosmetik Focalluresebagai Variabel Moderasi

Risqy Aziz Basuki, Nanda Alika Fairuz

Abstract


This study aims to determine and explain the effect of Celebrity Endorser on Repurchase Intention, the influence of Word of Mouth on Repurchase Intention, the effect of Brand Trust on Repurchase Intention, the influence of Brand Trust as a moderating variable on Celebrity Endorser and Repurchase Intention on Focallure Account Followers in Instagram, the influence of Brand Trust as a moderating variable on Word Of Mouth and Repurchase Intention on Focallure Followers on Instagram. The method used in this study is a quantitative method. The results show that Celebrity Endorser has a positive and insignificant effect on Repurchase Intention, Word of Mouth has a positive and significant effect on Repurchase Intention, Brand Trust has a positive and significant effect on Repurchase Intention, Brand Trust can be a moderating variable of Celebrity Endorser on Repurchase Intention, Brand Trust can be a moderating variable of Word of Mouth on Repurchase Intention. Keywords: Brand Trust, Celebrity Endorser, Repurchase Intention, Word of Mouth

Full Text:

PDF

References


Achadia, Z. (2017). Pengaruh Tenaga Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen pada

Situs Belanja Online Tokopedia (Studi Kasus pada Konsumen di Kota Malang).

Amalina, A. (2016). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty Dengan

Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Follower Twitter Mizone

@MizoneID). 4, 1–12.

Aprilia, F., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2015). PENGARUH WORD OF MOUTH

TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA

KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata âJawa

Timur Park 2â Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya,

(1), 86013.

Arief, G. M., & Millianyani, H. (2015). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING

MELALUI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SUGAR TRIBE.

(3), 7.

Chinn, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation

Modelling. Modern Methods for Business Research.

Dwi, L., Handayani, L., & Karawang, U. S. (2020). THE EFFECT OF CELEBRITY

ENDORSERS AND BRAND IMAGE TOWARDS PURCHASING DECISIONS OF

PIXY PRODUCTS IN KARAWANG. 8(4), 407–417.

Erianti, D., & Athanasius, S. S. (2020). Peran Brand Trust dalam Pengaruh Kredibilitas

Selebgram Endorser dan Perceived Value terhadap Brand Loyalty Pada Produk

Kosmetik Di Semarang. Jemap, 2(2), 287. https://doi.org/10.24167/jemap.v2i2.2459

Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi

Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada

Kosmetik Wardah. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 40–52.

https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1282

Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). Pengaruh Word of Mouth dan Citra Merek

Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek.

Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141.

https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436

Irawan, A. D., & Hadisumarto, A. D. (2020). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing

Terhadap Brand Trust , Brand Equity , dan Brand Loyalty Pada Platform Social

Media Instagram. Jurnal Manajemen dan Usahawan Indonesia, 43(1), 44–58.

Jogiyanto, A. W. (2014). Konsep Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian

Empiris. BPPE.

Lestari, N. A., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kemudahan transaksi

terhadap keputusan pembelian secara online pada situs mataharimall.com. 6, 1–8.

Lotulung, S. C., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015). PENGARUH KUALITAS

PRODUK , HARGA , DAN WOM ( WORD OF MOUTH ) TERHADAP

KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE EVERCOSS PADA CV.TRISTAR JAYA

GLOBALINDO MANADO. 3(3), 10.

Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli

Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA

Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3(1), 61–76.

Patricia, G., & Santoso, T. (2021). ANALISIS PENGARUH ENDORSER DAN BRAND

TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP

RICHIAMORE.

Prabowo, Y. W., Suharyono, & Sunarti. (2014). PENGARUH CELEBRITY

ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survei pada Pengunjung 3Second Store

di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas

Brawijaya, 14(2), 84414.

Putri, A. (2017). Perkembangan Penggunaan Produk Kosmetik Di Indonesia. Jurnal

Ekonomi dan Bisnis, 21(2), 59–64. https://doi.org/10.24123/jeb.v21i2.1637

Putri, N. A., AY, B., & Sarsono. (2021). Citra Merek Kepercayaan Merek dan Kualitas

Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hand Sanitizer Dettol Pada Masa Pandemi

Covid-19 Di Luwes Gentan. 22(1), 69–87.

Rachman, R., & Abadi, T. W. (2016). Komunikasi Word of Mouth Dan Keputusan

Pembelian Batik Bangkalan.

Rahayu, E. E. (2019). Pengaruh Karakteristik Bintang Iklan dan E-Commerce terhadap

Minat Beli Ulang Produk Fashion di Kota Madya Madiun. JURNAL EKOMAKS :

Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 7(2), 108–111.

https://doi.org/10.33319/jeko.v7i2.10

Rahmawati, M., & Lestari, S. P. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN SELEBGRAM

(CELEBRITY ENDORSER INSTAGRAM) TERHADAP MINAT BELI

KONSUMEN SECARA ONLINE PADA MEDIA INSTAGRAM (Survei

Pengguna Aktif Sosial Media Instagram pada Followers Akun @mia_raaa). Jurnal

Ekonomi Perjuangan, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.667

Rohani, S., Hufron, M., & Rizal, M. (2020). Pengaruh Media Sosial Dan Celebrity

Endorser Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Brand Trust Sebagai Variabel

Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Ms Glow Aesthetic Clinic Malang). 48–

Rohman, I. Z., & Indaryadi, A. I. K. (2020). Pengaruh celebrity endorser, brand image,

brand loyalty, dan perceived quality terhadap minat beli konsumen dan dampaknya

terhadap intensi rekomendasi. 9(2), 80–91. https://doi.org/10.24036/jkmb.10955000

Sari, F. P., & Yuniati, T. (2016). Pengaruh Harga Citra Merek dan Word Of Mouth

terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(6),

–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/746/756

Sari, W. Y. B., Kumadji, S., & Latief, W. A. (2010). Pengaruh Kepercayaan Merek

terhadap Loyalitas Merek.

Sartika, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk

You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Penelitan

Ekonomi dan Bisnis, 2(1), 10–21. https://doi.org/10.33633/jpeb.v2i1.2231

Sernovitz, A. (2015). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People

Talking (Nomor January). PressBox.

Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran (1 ed.). UB Press.

Sofyani, H. (2017). Modul praktik partial least square (PLS) untuk penelitian pendekatan

kuantitatif. Modul Ajar, 15.

Supriyadi, Y. L. (2019). Hubungan antara celebrity endorser, self- brand connection,

relationship quality dan repurchase intention : pengaruh moderasi customer

satisfaction dan jenis media.

Trisnawaty, E. (2016). Pengaruh Word of Mouth Communication Seputar Aplikasi

Mobile Go-Jek Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Go-Jek (Survei Siswa / Siswi

SMAN 3 Depok , Jawa Barat).

Wardhani, M. K., Sudarwati, & DPW, I. A. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG

DITINJAU DARI CITRA MEREK, MEDIA IKLAN, DAN BRAND TRUST PADA

PRODUK IMBOOST DI SURAKARTA. 05(01), 224–234.

Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER ,

BRAND IMAGE , BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

CLEAR SHAMPOO DI KOTA DENPASAR. 4(11), 3909–3935.

Yuda Sedana Putra, M., Sagir, J., & Hilmiati. (2021). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas

Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Breadtalk Lombok Epicentrum Mall.

Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 55–68.

https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.132


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung