PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP DAYA SAING PELAKU UMKM KRIPIK SINGKONG DI KECAMATAN KEBON BAWANG, JAKARTA UTARA.

Virgo Simamora, Muhammad Ulul Albab, Rio Johan Putra, Diansyah Diansyah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk melihat pengaruh digital marketing terhadap daya saing pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara dan Kelurahan Utan Panjang di Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah penelitian sensus karena seluruh anggota populasi menjadi objek penelitian. Terdapat 18 UMKM yang berpartisipasi pada penelitian ini. Sebelum dilakukan uji analisis regresi sederhana, dilakukan uji asumsi klasik yang menunjukkan terpenuhinya syarat regresi linear. Hasil penelitian menemukan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signfikan terhadap daya saing UMKM sebesar 92.1% dan sisanya 7.9% disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


A Fawaid (2017) Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa, IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 4(1):104 DOI:10.19105/iqtishadia.v4i1.1134

Aditya Wardhana. (2015) Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.

Anantan, Ellitan (2007), Strategi Bersaing, Konsep Riset dan D. Ryan dan C. Jones, Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation, London: Kogan Page, 2009.

Maharani, M., Ali, A.H.N., dan Astuti, H.M. 2012. Faktor-Faktor Pengaruh Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Coffee Toffee Indonesia. Jurnal Teknik POMITS. 1(1). 1-6

Mohamad Trio Febriyantoro dan Debby Arisandi (2018) Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean, Jurnal Manajemen Dewantara Vol (1) No 2, hal 62 -67

http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32 Mohammed, R.A., Fisher, R.J., Jaworski, B.J., Paddison, G.J. 2003. Internet Marketing: Building Advantage in A Networked Economy. New York : McGraw Hill,Inc.

Rizal Fachmi Abidin dan Niko Ibrahim (2019), Analisa dan Pengimplentasian Digital Marketing pada Studio Brother’s Photo, Jurnal Strategi Vol 1. No 2.

Sanjaya, Ridwan dan Josua Tarigan. (2009), Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Heidrick dan Struggles, Heidrick & Struggles CEO (2009), China: China Marketing Press,

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung

 

Hasil gambar untuk google scholar