PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI BELANGGANAN NETFLIX (Studi survei berlangganan netflix di masa pandemi)

Muhammad Ulul Albab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengethui seberapa besar pengaruh Bauran Promosi dan Brand Image terhdap Minat Beli berlangganan Netflix. Netflix merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan perfilman streaming berbayar berbasis berlangganan, netflix menawarkan layanan Tv Show, Dokumenter dan Film dari berbagai negara. Metode penelitian kuantitatif, sampel sebesar 107 responden dengan menggunakan purposive sampling pengguna netflix. Data penilitian ini adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan cara penyebaran kuesioner ke yang berlangganan netflix, berusia minimal 18-35 tahun. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan Bauran Promosi berdampak positif dan signifikan terhadap Minat Beli berlangganan Netflix. Brand Image berdampak positif dan sinifikan terhadap Minat Beli berlangganan Netflix. Kata kunci : Bauran Promosi, Brand Image, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


About.Netflix.com/id. (2022). About Netflix. https://about.netflix.com/id

Alfan, M. usman. (2021). Pengaruh Web Series Netflix Terhadap Kebutuhan Film Hiburan

Mahasiswa Fisip Usu (Studi Kuantitatif Mengenai Pengaruh Web Series Netflix Terhadap

Kebutuhan Film Hiburan Mahasiswa FISIP USU). 1–130.

Cnnindonesia.com/. (2021). Disney+ Kalahkan Jumlah Pelanggan Netflix di Indonesia.

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210119172259-220-595764/studi-disneykalahkan-jumlah-pelanggan-netflix-di-indonesia

corona.jakarta.go.id. (2022). Layanan darurat covid 19.

https://corona.jakarta.go.id/id/artikel/varian-varian-covid-19-apaperbedaannya#:~:text=Macam-macam Varian Covid-19&text=Dilansir dari situs

Kementerian Kesehatan,yang telah masuk ke Indonesia

Dwipradnyana, I. M. M. (2017). Analisis Structural Equation Modeling (SEM) Dengan

Pendekatan Partial Least Square (PLS). International Encyclopedia of the Social &

Behavioral Sciences: Second Edition, 615–620. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-

-8.44055-9

Dyaz, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada

PD.IKRAM NUSA PERSADA. 2006, 5–39.

Fadila, R., Noviani, N., & Muslim. (2022). Analisis Biaya Produksi Usahatani Padi Sawah

(Oryza Sativa) dan Pemasaran Terhadap Pendapatan Petani. 2(2), 117–131.

Fatmawati, A., Christina, B. A., & Murtiasri, E. (2022). Analisis Kesuksesan Siap Bos ( Sistem

Informasi Aplikasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah) di Kabupaten Blora. Jurnal

Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 5(1), 142–158.

Febrianza, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada

E-Commerce Shopee (Studi Pengguna Aplikasi Shopee pada Mahasiswa STEI Jakarta).

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–19.

Fikri, M. Z. (2018). Pengaruh Brand Image, Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Proses

Keputusan Pembelian Konsumen pada Minimarket “Kedai Yatim” (Vol. 7, Nomor 2).

Https://help.netflix.com/id. (2022a). Layanan Netflix. Syria Studies, 7(1), 37–72.

https://help.netflix.com/legal/termsofuse

Https://help.netflix.com/id. (2022b). Netflix. https://help.netflix.com/id

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares

(PLS) dengan Smart PLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19.

https://doi.org/10.1023/A:1023202519395

Lutfillah, V., Fatimah, F., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Merek A3 Fresh O2. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4 No.2(EISSN:2528-0570 P-ISSN:2459-0570), 175–187.

Novitasari, R. (2019). Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mobil

Mitsubishi pada PT MAKASSAR MANDIRI PUTRA UTAMA DI SULAWESI SELATAN.

Nur, A. M., Ghalib, S., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli

Yang dimediasi Oleh Kepercayaan pada Pelanggan Indihome Di Kota Palangka Raya”

(Studi Emperis Pada PT.Telkom Provinsi Kalimantan Tengah). Jurnal Bisnis dan

Pembangunan, 9(1), 52–68.

https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bisnispembangunan/article/view/8694

Prabowo, R. (2019). Analisis Loyalitas Pengguna Layanan Video On Demand Berlangganan

Netflix Menggunakan Extended Unified Theory Of Acceptance And Use Technology 2

(UTAUT2). 2, 1–19.

Pramuka, B. A., & Soedirman, J. (2022). Model Kepatuhan Pajak Sukarela : Insentif Pajak ,

Kepuasan. 422–439.

Pratiwi, R. A. (2020). Dampak Strategi Pemasaran Bisnis Kedai Kopi dalam Meningkatkan

Minat Beli Menggunakan Media Sosial Instagram (Studi Kasus Upstairs Coffee, Sunter,

Jakarta Utara). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta., 2004, 6–25.

Ramadhan, A. (2020). Analisis Brand Image, Promosi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli

Konsumen pada Quality fried chiken flamboyan.

https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/jurnalfasosa/article/view/2642

Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran.

https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Manajemen_Pemasaran_Di_Era_Ma

s/RUvWDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=budhi+poniman+dan+achmad+choerudin&pr

intsec=frontcover

Saputra, B. dwi. (2020). Pengaruh Experiential Marketing dan Green Product terhadap Minat

Beli Sepeda Motor Skutik Honda di Jabodetabek dengan Diferensiasi Produk Sebagai

pemoderasi. September 2018.

Siallagan, A. (2021). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS

SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Sitorus, C. V., Maolana, A., & Se, H. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk

Terhadap Minat Beli Iphone di Bandung Tahun 2019 the Influence of Brand Image and

Product Quality Towards Purchase Intention Buying Iphone in Bandung 2019. eProceeding of Applied Science, 5(2), 637–644.

Sumardi, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Store Atmosphere Terhadap

Kepuasan Pelanggan Warunk Upnormal Wilayah Jakarta Utara. Jurnal Ilmu Ekonomi dan

Manajemen, 06(01).

Tambun, S. (2020). Praktek Smart Pls 3. Syria Studies, 7(1), 37–72.

https://youtu.be/vcfq7SLvEi8

Tan, K., Utami, C. W., & Vidyanata, D. (2021). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Minat Beli

dengan Mediasi Brand Image. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 333.

https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p333-341

Waluyo, M. (2016). Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos Dalam Aplikasi Penerbit Upn

Veteran. 130.

Wirakanda, G. G., & Ayu, F. (2021). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Minat Beli Sepeda

Motor Beat Pada Pt . Astra Honda Motor. Bisnis dan Pemasaran, 11, 1–14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung