STRATEGI BERSAING KAOS KHAS BANYUWANGI “BLAM TEES”

Ratih Octaviri Yosita, Djoko Poernomo

Abstract


Strategi bersaing adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam memenangkan sebuah pasar sasaran dengan cara memberikan keunggulan-keunggulan dalam bersaing, menganalisis pesaing serta melaksanakan strategi pemasaran yang bersaing yang efektif. Strategi bersaing akan berjalan dengan baik apabila perusahaan mampu menjelaskan keunggulan bersaing yang merupakan suatu nilai lebih dibanding pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang digunakan oleh “BLAM tees”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan Porter's five forces analysis terdiri dari ancaman pendatang baru, persaingan di antara perusahaan yang telah ada, ancaman produk atau jasa pengganti, kekuatan penawaran pembeli, dan kekuatan penawaran pemasok. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang dipilih menggunakan metode purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi bersaing yang digunakan oleh “BLAM tees” antara lain fokus biaya rendah, inovasi produk, inovasi pemasaran, inovasi promosi, inovasi kemasan, inovasi sistem produksi serta mengeluarkan 2 desain baru setiap bulan.

Kata Kunci:Porter's five forces analysis, Strategi Bersaing

Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Amir, T. 2012. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Bungin, B. 2011. Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Surabaya: Kencana.

David, F. R. 2009. Manajemen Stategis Buku 1 Edisi 12. Jakara: Salemba Empat

David Hunger dan Thomas Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Disiru, J.I, Iyiola Oluwole, dan O. S. Ibidunni. 2013. Product Differentiation: A Tool of Competitive Adventage and Optimal Organizational Performance (A Study of Unilever Nigeria PLC). European Scientific Journal. Vol. 9, No. 34.

Fajar, M. 2015. UMKM Di Indonesia Perspektif Hukum Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamali, A. Y. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Bandung: Kencana.

Herwan, Zaenal. et al. 2016. HR Plan & Strategy-Strategi Jitu Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Itami, H., dan Numagami, T. 1992. Dynamic Interaction Between Strategy and Technology; Strategic Management Journal 13. Winter. 1992, 119-136.

Jay Heizer & Barry Render. 2009, Manajemen Operasi Buku I Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Kompas, Mendulang Uang dari Bisnis Kaos Limited Editon. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/08/05/120343526/Mendulang. Uang.dari.Bisnis.Kaus.Limited.Edition./. diakses pada 6 November 2016, pkl 19.00.

Miles, Metthew B, A. Michael Huberman and Johnny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Third Edition. Sage Publications, Inc.

Moleong, L. J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. 2001. Metode Penelitian Komunikasi, Contoh-contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Porter, M. E. 1992 . Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Erlangga.

Prajogo L. Daniel, P. McDermont, & M. Goh. 2008. Impact of Value Chain Activities on Quality and Inovation. International Journal of Operations & Production Management. Vol. 28 Iss: (7) : 615-635.

Rangkuti, F. 2014. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soei, C. T. L, R. Satyarini, dan I. Prasetya. 2015. Identifikasi Key Success Factor pada Industri Clothing di Kota Bnadung. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Khatolik Parahyangan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. 2014. Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Usman, H & Akbar P.S. 2003. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Universitas Jember. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Jember. Jember: Jember University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright Pusat Penelitian Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Pengunjung