PENYULUHAN TENTANG PEMANFAATAN ALGA (MAKROALGA & MIKROALGA) PADA FARMASI (DRUGS AND COSMETICS)

Riong Seulina Panjaitan, Purwati Purwati

Abstract


Alga terdiri dari makroalga dan mikroalga yang memiliki banyak manfaat sehingga dibuat dalam bentuk sediaan berbasis untuk pengobatan dan kecantikan. Hal inilah yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan tentang manfaat penggunaan alga (makroalga dan mikroalga) dalam dunia kefarmasian baik dalam bentuk obat maupun kosmetik. Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini, sebagai pengetahuan dan pemahaman anak-anak TPQ Al Kamil mengenai manfaat makroalga dan mikroalga untuk pengobatan dan kecantikan (drugs and cosmetics). Metode yang digunakan untuk kegiatan pengabdian masyarakat berupa power point dan poster infografis Kegiatan diawali dengan pemberian pre-test lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dan evaluasi akhir dengan pemberian post-test. Setelah kegiatan selesai di dapatkan hasil bahwa peserta telah memahami manfaat makroalga dan mikroalga dalam untuk pengobatan dan kecantikan. Selain memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat makroalga dan mikroalga untuk pengobatan dan kecantikan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga sebagai informasi bahwa makroalga dan mikroalga yang tumbuh di lautan memiliki khasiat yang baik sehingga memberikan dampak yang baik untuk tubuh.


Keywords


Macroalgae; Microalgae; Drugs And Cosmetics

Full Text:

PDF

References


Moelyono. Farmasi Bahari. Yogyakarta: Penerbit Deepublish; 2017.

Nurafni, N., Hi Muhammad, S., Koroy, K., & Jurame, F. Indeks Ekologi Makroalga di Perairan Sagolo Desa Juanga, Kabupaten Pulau Morotai. J. Ilmu Kelautan Kepulauan. 2020. 3(1), 23–34. https://doi.org/10.33387/jikk.v3i1.1858.

Hadiyanto, & Azim, M. (2012). Mikroalga Sumber Pangan & Energi Masa Depan. Semarang: Penerbit & Percetakan UPT UNDIP Press. 1–138.

Wiryatno, Joko. Jenis-Jenis Mikroalga Yang Terdapat Di Estuari Dam Denpasar Bali. [Skripsi]. Program Studi Biologi FMIPA; Universitas Udayana; 2016.

Oktarina, E. Alga: potensinya pada kosmetik dan biomekanismenya. Majalah Teknologi Agro Industri. 2017, 9(2), 1–10.

. Nasroen, Saskia Lenggogeni., E. R. Yuslianti., Florence Meliawaty, et al. Penyuluhan Kesehatan Gigi Mulut Untuk Meningkatkan Pengetahuan Keluarga Pasien Celah Bibir dan Langit-Langit Sebagai Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. J. Abdimas Kartika Wijayakusuma. 2022, 3 (1), 73-80.

Hidayat, W., Nura’eny, N. & Wahyuni, I. S.2019. Gambaran Pre dan Post Test Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kader Posyandu di Puskesmas Babatan Bandung. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(4), 225-226.




DOI: https://doi.org/10.52447/paj.v2i1.6438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.