PEMBERDAYAAN DIFABEL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) DI DESA SURUH, KECAMATAN TASIKMADU, KABUPATEN KARANGANYAR

Hendra Wijayanto

Abstract


ABSTRAK

Penyandang cacat merupakan bagian dari Indonesia, namun keberadaan mereka dalam kehidupan masih terpinggirkan. Cacat memiliki hak yang sama, kewajiban dan peran yang sama dengan warga negara lainnya. Kesempatan untuk mendapatkan kesetaraan, hak dan kewajiban bagi penyandang cacat. Masalah dengan cacat timbul karena gangguan dalam kegiatan sosial menghambat fisik mereka, sehingga mengurangi hak-hak ekonomi dan politik penyandang cacat untuk mencapai kesejahteraan. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung dan review dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model interaktif. Memberdayakan penyandang cacat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Desa Katakan, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar termasuk pemberdayaan yang mental, fisik, dan keterampilan sosial dengan memberikan keterampilan memasak, menjahit, bengkel atau mekanik, video yang elektro audio dan teknik memijat. Cacat pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial tidak dapat dipisahkan dari peran pendampingan dan penguatan peran cacat potensial. Tidak hanya itu, pemberdayaan penyandang cacat juga dihadapkan dengan sejumlah kendala seperti pola perilaku, masalah kerja dan dampak ekonomi, sosial, dan psikologis pada sejumlah aspek saja dari segi psikologis, dan ekonomi cacat aksesibilitas.

 

Kata kunci :    Pemberdayaan, Masyarakat, Disability, Birokrasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Demartoto, 2005, Menyibak Sensitivitas Gender dalam Keluarga Difabel Ed. 1, Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Departemen Sosial Republik Indonesia (DepSos RI). (1996), Pola Dasar Pembangunan, Bidang Kesejahteraan Sosial. Jakarta: DepSos RI.

Ife, Jim, 1995, Community Development Creating Community Alternatives Vision, Analysis and Practice, Australian, Longman.

Kartasasmita, Ginanjar, 1993, Kebijaksanaan dan Strategi Pengentasan Kemiskinan, Malang, Unibraw Fakultas Ilmu Administrasi.

Miles, Matthew dan Huberman, Michael A, 1992, Data Kualitatif, Jakarta : UI Press

Soeharto, Edi, 2004, Peran Negara dalam Pembangunan Sosial, Isue-isue Tematik Pembangunan Sosial: Balatbangsos, Depsos RI: Jakarta

Sulistiati, 2004, Pembangunan Sosial dan Pemberdayaan Sosial. Isue-isue Tematik Pembangunan Sosial: Balatbangsos, Depsos RI: Jakarta

Suparlan, Dr. Parsudi, 1984, Kemiskinan Di Perkotaan, Bacaan Untuk Antropologi Perkotaan, Jakarta : Sinar Harapan dan Yayasan Obor Indonesia.

Zastrow, 1989, Understanding Human Behavior And The Social Environment, Chicago : Nelson-Hall Publishers.

Peraturan Undang-Undang

Undang-Undang Dasar RI 1945

Undang-Undang No 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat

Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v1i2.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.