PENINGKATAN BUDAYA HORMAT MAHASISWA MELALUI PEMBIASAAN PADA MATERI PENDIDIKAN PANCASILA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA UTARA

Raymundus I Wayan Ray

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this research is to gain empirical data about the effort to improve the behavior of Respect students through Three Semester Conditioning Gansal academic year 2015/2016 at the Faculty of social science and political science University, August 17, 1945. The object in this study is the whole student faculty of social science and political science Public Administration science courses totalling 35 people. The research method used was the Research Action (Action Research). This action research conducted with 3 cycles, where each cycle consisted of Planning (Planning) Act (Action), observation, (Observing), and reflection.

From the results of the assessment cycle I found that out of the 35 students academic year 2015/2016, 25 students or 71,42% meet the graduation criteria is minimal. While 10 students or 28,57% has not met the graduation criteria in the process and associated costs. This means that 25 students have been showing the symptoms of change in College, while 10 students has not shown significant changes. So need to make improvements to the Planning Cycle through lecture II because it has not yet reached 75% meet the criteria of graduation courses. While the average value of graduation college student earnings only reached 75% of students meet college graduation. While the average value of graduation students gain only mecapai 69.30%. After through the implementation cycle cycle I, II and III showed that an effort improve the culture of respect students through learning civics changes i.e. manners of college students in the process of a lecture from the culture of respect for 57% in cycle I became 70% in cycle II. While in the III cycle obtained average results of 94%.

Keywords : Culture of honor and Conditioning On Civics

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah  untuk  mendapatkan data secara empiris tentang Upaya Meningkatan Perilaku Hormat Siswa Melalui Pembiasaan  Semester Tiga Gansal Tahun Akademik 2015/2016  di Fakultas Ilmu Sosial dan  Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Program Studi Ilmu Administrasi Publik berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan  adalah     Penelitian Tindakan (Action Research ). Penelitian Tindakan, yaitu jenis penelitian kualitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari Perencanaan (Planning) Tindakan (Action), Observasi, (Observing), dan Refleksi. (Reflekting)

Dari hasil penilaian pada siklus I ditemukan bahwa dari 35 mahasiswa Tahun Akademik 2015 /2016, 25 mahasiswa  atau 71,42 % memenuhi batas kriteria kelulusan  minimal. Sedangkan 10 mahasiswa atau 28,57 % belum memenuhi batas kriteria  kelulusan  dalam proses perkuliahan . Hal ini  mengandung arti  bahwa  25 mahasiswa tersebut telah menunjukkan gejala perubahan dalam kuliahnya, sedangkan 10 siswa belum menunjukkan perubahan yang signifikan. Sehingga perlu melakukan perbaikan perencanaan perkuliahan melalui Siklus II karena belum mencapai 75 % memenuhi  kriteria kelulusan  perkuliahan. Sedangkan nilai rata-rata kelulusan kuliah  perolehan mahasiswa hanya mencapai 75 % siswa memenuhi kelulusan kuliah . Sedangkan nilai rata-rata kelulusan  perolehan mahasiswa hanya mecapai 69,30 %. Setelah melalui pelaksanaan siklus I, II dan siklus III penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan  budaya hormat mahasiswa melalui pembelajaran  pendidikan Pancasila terjadi perubahan yakni tata krama mahasiswa dalam proses perkuliahan  dari  budaya hormat  57% pada siklus I menjadi 71% pada siklus II. Sedangkan pada siklus III diperoleh  hasil rata-rata 94%.

 

Kata Kunci :  Budaya  Hormat, dan Pembiasaan  Pada Materi Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2011, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Depdikbud, Himpunan Peraturan Perundang-undangan RI, 2014 : 1 Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas, Kewarganegaraan danPembiasaan No. 64 Tahun 2013, Proyek Pendidikan

Djumur, 2002, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: CV Ilmu, 2010 GBHN 1999-2004, Bandung: Pustaka Setia.

Hendayat Soetopo, 2012, Dasar atau Teori Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi Sutrisno, 2011, Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Humalik, Oemar, 2014 Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Lembaga Ketahanan Nasional, 2009, Ketahanan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka

Purwanto, Ngalim, 2009Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Remaja Rosda Karya

Martin Handoko, 1995. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku, Yogyakarta: Kanisius

Muhammad Ali, 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Jakarta: Pustaka Arcani

Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prkatek, Jakarta: Bina Aksara

Surachman, Winarno, 2009. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.52447/ijpa.v2i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.