PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, KEPUTUSAN INVESTASI SERTA KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2008-2010)Fania

Fania Yuliariskha

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena makin berkembangnya pembangunan di segala bidang telah menciptakan persaingan yang semakin tajam pada setiap perusahaan. Keadaan ini menuntut perusahaan untuk terus bertahan dan mengikuti perkembangan.. Tujuan perusahaan terus berkembang sehingga perusahaan tidak hanya bertujuan mencari keuntungan tetapi juga berusaha meningkatkan nilai perusahan dan kemakmuran pemiliknya. Optimalisasi nilai perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan fungsi manajemen keuangan, dimana satu keputusan keuangan yang diambil akan mempengaruhi keputusan keuangan lainnya dan

berdampak pada nilai perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut penyelesaian atas keputusan penting yang diambil perusahaan, antara lain keputusan pendanaan, keputusan investasi, dan kebijakan dividen. Suatu kombinasi yang optimal atas ketiganya akan memaksimumkan nilai perusahaan yang selanjutnya akan meningkatkan kemakmuran pemegang saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keputusan pendanaan, keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008-2010.

Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010 dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 perusahaan dalam satu tahun, sehingga total sampel selama periode penelitian sebanyak 81 sampel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa keputusan pendanaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dengan nilai koefisien beta sebesar 0,113 dan tingkat signifikansi 0,234. Hal serupa juga terjadi pada keputusan investasi yang juga tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,069 dan tingkat signifikansi 0,158. Sedangkan kebijakan dividen menunjukkan bahwa memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai koefisien beta sebesar 0,462 dan tingkat signifikansi 0,001.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka perusahaan sebaiknya membagikan labanya kepada pemegang saham dalam bentuk dividen daripada menahan labanya dalam bentuk capital gain karena dengan membagikan dividen dapat meningkatkan nilai perusahaan. Konsekuensi apabila perusahaan membagikan labanya dalam bentuk dividen, maka laba ditahan akan berkurang.sehingga perusahaan harus mengeluarkan saham baru untuk mendanai kegiatannya.


Keywords


pendanaan, investasi, deviden, nilai perusahaan, manufaktur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.