Implementasi Peraturan Daerah No 3 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Penanganan Sampah Rumah tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga di Kelurahan Liliba Kecamatan Oebobo Kota Kupang

fitri Harri Irmawan, William Djani, Ajis Salim Adang Djaha

Abstract


Abstrak

Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga harus dapat diimplementasikan dengan baik agar tercapai maksud dan tujuan dari peraturan tersebut. Sebagai suatu kebijakan yang harus diimplementasikan untuk mencapai tujuan maka situasi yang telah terjadi dapat mengindikasikan bahwa kebijakan penanganan sampah belum berhasil.

 Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Peraturan Daerah No 3 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Penanganan Sampah Rumah tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga di Kelurahan Liliba Kecamatan Oebobo Kota Kupang.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen. Data terkumpul menggunakan konten analisis untuk menganalisis Implementasi Peraturan Daerah No 3 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Penanganan Sampah Rumah tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Hasil penelitian ini Kurangnya komunikasi dan sumber daya Implementasi Peraturan Daerah Kota Kupang Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Liliba sehingga tidak ada kejelasan dan juga tranmisi masih ditemukan berbagai kendala seperti tidak pernah dilakukannya sosialisasi terhadap Perda tersebut, sedangkan disposisi dan struktur birokrasi sudah baik karena ada dukungan dari implementor dan SOP yang ada pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang.

Keywords


Kata-kata kunci: implementasi, penyelenggaraan, sampah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: CV. Alfabeta.

-----------------, 2006. Politik dan Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung dan Puslit KP2W Lemlit Unpad.

-----------------, 2008, Dasar-dasarKebijakanPublik, Bandung :CV.Alfabeta

Agus Purwanto, Erwan, 2012, Implementasi Kebijakan Publik Konsepdan Aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta :Gava Media.

Akib, Haedar, 2010, Implementasi Kebijakan : Apa, Mengapa dan Bagaimana, Jurnal Administrasi Kebijakan Publik, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2010, Makassar.

Ambardi, Urbanus M. 2002. Pengembangan Wilayah dan Otonomi Daerah, Kajian Konsep dan Pengembangan. Jakarta: Pusat Pengkajian Kebijakan Teknologi Pengembangan Wilayah BPPT.

Badjuri, Abdul Kahar, dan Teguh Yuwono, 2002, Kebijakan Publik Konsep dan Strategi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Burhan, Bungin, 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo

Chambers, Robert. 1996. PRA: Memahami Desa Secara Partisipatif. Kanisius-Oxfam-Yayasan Mitra Tani. Yogyakarta.

Dunn, William N, 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik (Terjemahan), Edisi Kedua, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ekowati, Lilik Roro Mas, 2004. Perecanaan, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan Atau Program.

Nugroho, Dwidjowijoto, Riant. 2003. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo

-----------------, 2004, Komunikasi Pemerintahan Sebuah Agenda bagi Pemimpim Pemerintahan Indonesia, Jakarta: Elex Media Komputindo

----------------, 2008, Public Policy, Jakarta :Gramedia.

Pressman, Jeffrey L. Dan Aaron Wildavsky, 19984, Implementation, University of California, Berkely, Then Oakland Project.

Wahab, SA., 2001, Analisis Kebijaksanaan, dari Formulasi ke ImplementasiKebijakasanaan Negara, Edisi Pertama, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

----------------. 2002. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi Kedua. Jakarta: BumiAksara.

----------------- 2005. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi Ketiga. Jakarta, BumiAksara.

------------------- 2010. Analisis Kebijaksanaan, Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Edisi Keempat. Jakarta, BumiAksara.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.

Sugiono, Prof.,DR. 2009. Metode Penelitian Administrasi, CV. Alfa Beta (IKAPI), Bandung

Subarsono, AG. 2010. Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori dan Aplikasi). Cetakan V Desember 2010. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta 55167

Dasar Hukum

Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28H ayat (1)

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Perda Kota Kupang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga

Perda Kota Kupang Nomor 6 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kota Kupang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.