PENGARUH PEMASARAN INTERNET DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

Diansyah Diansyah, Ayu Indah Nurmalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pemasaran internet dan electronic word of mouthterhadap keputusan pembelian dengan kesadaran merek sebagai variabel intervening di kalangan mahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independennya adalah pemasaran internet dan electronic word of mouth, sedangkan variabel intervening adalah kesadaran merek. Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sebanyak 204 responden dengan cara menyebarkan kuisioner langsung di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Tahapan perhitungan PLS menggunakan 2 model yaitu Pengukuran Model (Outer Model) dan Pengujian Model Struktural (Inner Model). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemasaran internet tidak mempengaruhi keputusan pembelian, electronic word of mouth mempengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan, pemasaran internet mempengaruhi kesadaran merek secara positif dan signifikan, electronic word of mouth mempengaruhi kesadaran merek secara postif dan signifikan, kesadaran merek mempengaruhi keputusan pembelian secara positif dan signifikan, pemasaran internet tidak mempengaruhi keputusan pembelian melalui kesadaran merek, dan electronic word of mouth tidak mempengaruhi keputusan pembelian melalui kesadaran merek.

Keywords


pemasaran internet, electronic word of mouth, keputusan pembelian, kesadaran merek

Full Text:

PDF

References


Adeliasari, Vina Ivana, dan Sienny Thio, 2013, Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian, Manajemen Perhotelan.

Amal M. Almana, 2013, The Impact of Electronic on Consumers’ Purchasing Decisions, International Journal of Computer Applications.

Andi M. Sadat. 2009. BrandBelief : Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Ariyan, Hendi, 2013, Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Konsumen Atas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Minuman Aqua, Fakultas Ekonomi.

Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Chaffey, D. 2009. E-Business and E-Commerce Management: Strategy,Implementation and Practice. 4thedition. Prentice Hall.

Dharma, Ngakan Putu Surya Adi dan I Putu Gede Sukaatmadja, 2015, Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Apple, Vol. 4, E-Jurnal Manajemen Unud.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, & Lie Joko Budiman. 2004. Brand Equity Ten,Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

El-Gohary, Hatem. 2010. E-Marketing-A literature Review from a Small Businesses Perspective. Vol. 1, No. 1, pp214-244. United States of America: International Journal of Business and Social Science.

Gruen,T.W., Osmonbekov,T.,Czaplewski,A.J, 2006, eWOM: The Impact of Customer-to Customer Online Know-How Exchange on Customer Value and Loyalty, Journal of Business Research,59(4),449-456.

Handayani, Desy & dkk. 2010. The Official MIM Academy Course book Brand Operation. Esensi Erlangga Group. Jakarta.

Harianto, Agus dan Sri Setyo Iriani, 2014, Pengaruh Kelompok Acuan dan Internet Marketing Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi.

Hennig-Thurau, T., et.al., 2004, Electronic Word-of Mouth Via Consumer Opinion Platforms: What Motivates Consumers To Articulate Themselves on The Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol 18, no 1:38-52.

J. Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta. Rineka Cipta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lugina, Anggara dan Elvira Azis, 2015, Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Konsumen Roti Gempol, Economy & Business.

Nia Wati, 2013, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Marketing Online Terhadap Keputusan Pembelian serta Pengaruhnya Pada Kepuasaan Konsumen, Jurnal ilmiah Magister Managemen UNIKOM.

Nugroho. Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen (konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta:Kencana.

Peter, P, J, & Olson, Jerry, C. 2009. Costumer Behavior, Jilid 2, Edisi 5. Erlangga. Jakarta.

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta : Prentice Hall.

Shimp, Terence A, J Craig Andrews. 2012. Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. USA: South Western Educational Publishing.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. Edisi Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sumangla, Panwar. 2014. Capturing, Analyzing, and Managing Word of Mouth in The Digital Market Place. Hershey, Pennsylvania.

Trinandra, Ahmad Fajar, 2013, Pengaruh Internet Marketing dan Experiental Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Bober Cafe Bandung, Fakultas Bisnis dan Manajemen

Wibowo, Arif Puguh Priyambodo, 2015, Analisis Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada perusahaan Grosir Pakaian OMR GROUP SOLO, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi.

www.APJII.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.