Analisis Membangun Orientasi Pasar dan AdaptabilitasLingkungan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Melalui Competitive Advantage Dalam Mencapai Kinerja Pemasaran (Studi Pada UKM Produk Unggulan Sentra Batik Semarangan di Kota Semarang)

Nadia Dwi Irmadiani

Abstract


Orientasi pasar sebagai filosofi bisnisdiartikan bagaimanaorganisasi mengimplementasikan konsep orientasi pasar terlihat dari aktifitas dan perilaku organisasi.Oleh karena itu, orientasi pasar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap competitive advantage.Selain orientasi pasar, adaptabilitas lingkungan yaitu kemampuan, keluwesan dalam menangani perubahan dan tantangan yang terjadi dilingkungan eksternal, juga berperan dalam meningkatkan competitive advantage.Keunggulan bersaing adalah kemampuan perusahaan meraih keuntungan ekonomis diatas pesaing dalam industri yang sama. Kinerja pemasaran juga dipengaruhi lingkungan. Keberhasilan perusahaan dapat dilihat dari cara perusahaan menghadapi tekanan lingkungan menghadapi pasar kompetitif.Sehingga, dalam mendukung produk batik, perlu mempertimbangkan orientasi pasar dan adaptabilitas lingkungan.

Keywords


Orientasi pasar, Adaptabilitas Lingkungan, Competitive Advantage, Kinerja Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Calantone, Roger, J. et al. 1994. Examining the

Relationship netween Degree of Innovation and New

Product Success. Journal of Business Research. Vol

, No.2, p.143-148.

Denison. D.R. & Mishra . A.K. 1995 . “ Toward a

Theory Organizational Culture and Efectiveness.”

Organization Sceince. p. 204 – 223.

Ferdinand, Augusty. 2006. Sustainable Competitive

Advantage. Semarang: Badan Penerbit Universitas

Diponegoro.

Narver, J.C., & Slater, S.F. 1990. The Effect of

Market Orietation on Product Innovation. Journal of

Marketing. p.20-35.

Sarwono, Jonathan. 2007. Analisis Jalur Untuk Riset

Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Yogyakarta.

Sugiyono. 1999.Metodologi Penelitian Bisnis.

Bandung: Penerbit Alfabeta.

Uncles, Mark. 2000. Market Orientation. Australian

Journal of Management. Vol.25,No.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.