PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PENGUSAHA KRIPIK DAN ONDE-ONDE KHAS MOJOKERTO

Made Siti Sundari, Mintarti Ariani, Idfi Setyaningrum

Abstract


Pembuatan kripik dan Onde-Onde di desa Tanjungan Mojokerto dilakukan dengan keterampilan dasar yang dimiliki para ibu rumah tangga, Mitra 1 pada kegiatan ini adalah pengusaha mikro di bidang kuliner yaitu Onde-onde, dengan lokasi usahanya ada di RT 05 RW 03 Dusun Tanjungan Desa Tanjungan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Mitra 2 adalah pengusaha mikro di bidang kuliner dengan produk kripik khas Kabupaten Mojokerto yaitu kripik pisang, kripik mbothe dan kripik getas, dengan lokasi usahanya ada di RT 07 RW 04 Dusun Tanjungan Desa Tanjungan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Permasalahan kedua Mitra adalah proses yang masih sederhana dan tradisional yang bisa ditingkatkan dengan penambahan komposisi bahan baku serta perbaikan proses produksi khususnya mengurangi minyak pada produk. Target dan luaran yang dihasilkan dari kegiatan IbM ini adalah produk kripik dan onde-onde saat ini lebih berkualitas dengan jaminan kualitas sesuai ijin edar Dinas Kesehatan dalam kemasan praktis, higienis dan bisa diterima pasar (marketable), keahlian dan keterampilan kedua mitra dapat ditingkatkan, sehingga usaha kripik dan onde-onde ini melalui beberapa pelatihan seperti pelatihan manajemen usaha, pembukuan sederhana dan peningkatan nilai tambah produk melalui Product Branding, omset kedua mitra meningkat dibandingkan sebelum adanya program IbM, perluasan pasar bagi kedua mitra dengan membangun kemitraan produktif, peningkatan keahlian dan ketrampilan dalam pengelolaan usaha. Saat ini kedua Mitra telah memiliki ijin edar dari dinas kesehatan danĀ  produk dikemas dengan menggunakan Branding yang memiliki nilai ke khasan daerah Mojokerto. Pemasaran saat ini sudah menjangkau lintas kecamatan dan lintas kota sehingga sudah mulai ada perkembangan, manajemen administrasi dan keuangan sudah mulai terdokumentasi dan terkelola dengan baik.


Keywords


Onde-onde, Kripik, Khas Mojokerto

Full Text:

PDF

References


Dipta, IW (2005), Pengembangan kluster Bisnis Untuk Memperkuat Daya Saing Usaha Kecil Dan Menengah, INFOKOP, Nomor 27, Tahun XX, p. 63-73.

Dipta, IW (2011), Model Pengembangan Wirausaha, INFOKOP, Volume 19, Juli, p. 53-66

DP2M DIKTI (2013), PANDUAN pengusulan Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui SimLitabmas, Jakarta, DP2M Ditjen Dikti.

DP2M DIKTI (2013), PANDUAN Pelaksanaan Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi IX, Jakarta, DP2M Ditjen Dikti.

Muafi, Wahyuningsih, T., Effendi saya, Dan Sriyono (2012), Menciptakan Pengusaha melalui Bisnis Inkubator, International Journal of Research in Management & Teknologi (IJRMT), Vol. 2, No 4, Agustus, p. 463-468.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.