METODE PENELITIAN EVALUASI KOMUNIKASI

bambang mudjiyanto

Abstract


Riset evaluasi dimulai sejak perencanaan hingga pelaksanaan suatu program, agar dapat mengambil keputusan dan menetapkan pilihan kebijakan, dan program. Mengukur tingkat keberhasilan pelaksanaan kebijakan dan program jangka pendek yang merupakan balikan guna melakukan revisi serta mengadakan penyesuaian-penyesuaian terhadap tuntutan baru yang berkembang dalam masyarakat serta mengukur tingkat keberhasilan jangka panjang dan keberlanjutan setelah suatu kebijakan dan program dilaksanakan guna kepentingan pelaporan dan penetapan suatu kebijakan dan program.  

Riset evaluasi formatif menekankan pada proses, ingin mendapatkan feedback dari suatu aktivitas dalam proses, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan program atau produk. Riset evaluasi sumatif menekankan pada efektifitas pencapaian program yang berupa produk tertentu.  

kata kunci: riset, evaluasi, komunikasi 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dunn, William N. 1999. Public Policy Analysis: An Introduction. Englewood Cliffs, NJ.: Prentice Hall, Inc.

Hadi, Samsul. 2011. Metode Riset Evaluasi. Yogyakarta: Lakbang Grafika.

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.

Patton, Michael Quinn. 2006. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2005. Metode & Teknik Menyusun Tesis: Dilengkapi Dengan Contoh Proposal (Usulan Penelitian) dan Tesis. Bandung: ALFABETA

Suchman, E. 1967. Evaluative Research. New York: Russell Sage Foundation.

Umar, Husein. 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi: Sebuah Pendekatan Kuantitatif, Dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Hasil Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Usman dan Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Weiss, Carol H. 1972. Evaluation Research: Methods for As Sessing Program Effectiveness. Englewood Cliffs, NJ: Prentice- Hall, Inc.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v4i1.1115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.