Opini Publik Cerminan dari Pemerintah dan Kebijakannya

itsna h husna

Abstract


Opini publik mengacu pada sikap masyarakat terhadap suatu masalah ketika mereka adalah anggota dari kelompok sosial yang sama. Opini publik pada dasarnya tidak rasional tetapi didasarkan pada sikap yang pada gilirannya didasarkan pada emosi, prasangka, stereotip, dan sebagainya yang merupakan ada dalam budaya asal. Opini publik tidak ada begitu saja tetapi dibentuk, bahwa suatu opini itu bisa dikatakan sebagai opini publik saat ada kesepakatan bahwa permasalahan tersebut adalah permasalahan bersama

Full Text:

PDF

References


Crespi, Irving. 1988. Public Opinion. Polls, and Democracy. Boulder – San Fransisco – London. Westview Press.

Macdoulall, D. Curtiss. 1952. Understanding Public Opinion: A Guide for Newspapermen and Newspaper Readers. The Magmillan Company. New York.

Powell, Norman John. 1951. Anatomy of Public Opinion. Englewood Cliffs, N. J. Prentice-Hall, Inc.

Sumber Internet:

http://www.britannica.com. W. Philip Davison. Public Opinion.

users.ox.ac.uk. Sara Binzer Hobolt dan Robert Klemmemsen. Responsive Government? Public Opinion and Government Policy Preferences in Britain and Denmark. Published by Blackwell Publishing Ltd, 9600 Garsington Road, Oxford OX4 2DQ, UK and 350 Main Street, Malden, MA 02148, USA.

http://www.templejc.edu/dept/Govt/feagin/govt2301/ppt/opinion.ppt

cdn.salihara.org. Dodi Ambardi. Opini Publik: Teori, Aplikasi, dan Kontroversi. Makalah. Makalah ini disampaikan dalam diskusi “Opini Publik Versus Kebenaran” di Komunitas Salihara, Jakarta, Rabu 26 Mei 2010.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v2i1.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.