Akulturasi Budaya Hibrid pada Pagelaran Musik Jazz Gunung sebagai Identitas Global dalam Meningkatkan Potensi Wisata

Mochammad Djauhari, Jokhanan Kristiyono

Abstract


Penelitian ini menganalisa proses akulturasi budaya hibrid pada seni pertunjukan Jazz Gunung Bromo dengan budaya lokal suku Tengger. Akulturasi budaya hybrid sebagai identitas global dalam meningkatkan potensi wisata lokal yaitu budaya suku Tengger, Bromo. Dengan menggunakan metodologi penelitian analisa wacana, peneliti menganalisa dan mendeskripsikan dialektika hingga diskursus yang terjadi dalam proses akulturasi budaya hybrid pada pagelaran musik jazz gunung Bromo. Perkembangan musik Jazz menjalar ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Musik jazz tergolong musik yang cukup populer dan disenangi oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Menarik dikaji dan dianalisa bahwa pada pagelaran musik Jazz Gunung Bromo ini konsep pertunjukan dan karya musiknya merupakan gabungan antara budaya lokal dan budaya barat. Pertunjukan para musisi lokal Indonesia bersama dengan para musisi global dunia. Beberapa karya musik baru diciptakan dengan proses kolaborasi bersama antara musisi lokal dengan musisi luar (global). Hasil dari penelitian ini adalah Budaya lokal suku Tengger dengan budaya global yaitu seni pertunjukan musik jazz menjadi potensi akulturasi budaya hybrid di kawasan Sukapura Probolinggo Jawa Timur. Penelitian ini juga menggambarkan bagaimana proses terciptanya budaya hybrid pada pagelaran music Jazz Gunung Bromo. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pengembangan budaya hybrid musik Jazz Gunung Bromo sebagai potensi destinasi wisata berkelas dunia


References


Booth, P. (2010). Digital Fandom : New Media Studies. Peter Lang - Digital Formations.

Burke, P. (2012). Cultural hybridity. Sociological Research Online. https://doi.org/10.1002/9781405198431.wbeal0297

Castells, M. (2003). The internet galaxy: Reflections on the internet, business and society. Research Policy. https://doi.org/10.1016/S0048-7333(02)00012-4

Eisenhart, C., & Johnstone, B. (2008). Discourse analysis and rhetorical studies. Rhetoric in Detail: Discourse Analysis of Rhetorical Talk and Text. Amsterdam and Philadelphia: John Benjamins Publishing, 3–21.

Hatley, B. (2014). PERTUNJUKAN BUDAYA INDONESIA PASCA ORDE BARU. SENI PERTUNJUKAN INDONESIA PASCA ORDE BARU, 3.

Jensen, L. A., Arnett, J. J., & McKenzie, J. (2011). Globalization and cultural identity. In Handbook of identity theory and research (pp. 285–301). Springer.

Kraidy, M. M. (2009). Hybridity, or the cultural logic of globalization. Mass Communication Research, (100), 307–314. https://doi.org/10.1177/1742766506069583

Kristiyono, J., & Sirikit, H. (2019). MENELISIK SIASAT CERITA DIGITAL REALITY PADA FILM READY PLAYER ONE?. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(02), 159-176.

Kristiyono, J. (2017a). BUDAYA INTERNET: PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENGGUNAAN MEDIA DI MASYARAKAT. Scriptura. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30

Kristiyono, J. (2017b). Film Sebagai Medium Komunikasi Pariwisata. Tourism, Hospitality and Culinary Journal, 2(1), 44–52.

Liliweri, A. (2017). Komunikasi Antar Personal. Prenada Media.

Lubenow, J. A. (2012). Public Sphere and Deliberative Democracy in Jürgen Habermas: Theorethical Model and Critical Discourses. American Journal of Sociological Research, 2(4), 58–71. https://doi.org/10.5923/j.sociology.20120204.02

Moch. Djauhari, & Aulia Afniar. (2018). Medium Komunikasi Pariwisata Melalui Film Animasi. Jurnal Spektrum Komunikasi. https://doi.org/10.37826/spektrum.v6i2.33

Nurcahyono, O. H., & Astutik, D. (2018). Harmonisasi Masyarakat Adat Suku Tengger (Analisis Keberadaan Modal Sosial Pada Proses Harmonisasi Pada Masayarakat Adat Suku Tengger, Desa Tosari, Pasuruan, Jawa Timur). Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi, 2(1), 1–12.

Putri, D. A. M., & Nurhidayati, H. (2018). Faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan terhadap Jazz Gunung Bromo sebagai Atraksi Music Tourism di Jawa Timur. Journal of Tourism Destination and Attraction, 6(1), 26–38.

Rabbani, K., & Trijayanto, D. (2019). Ekonomi Politik Media Dalam New Media (Studi Deskriptif Praktik Spasialisasi pada Channel Youtube Atta Halilintar). PROMEDIA (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI), 5(1).

Tomlinson, J. (2012). Cultural globalization. The Wiley‐Blackwell Encyclopedia of Globalization.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v6i1.4065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.