Analisis Resepsi Program Acara Dakwah di Televisi

Dinar Ayu chandra Agustin

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan pemaknaan warga Nahdlatul Ulama tentang program kiswah interaktif TV9 Nusantara dengan menggunakan analisis resepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kultural. Teori  yang digunakan yakni teori decoding milik Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kiswah interaktif  lebih banyak dipahami sebagai diskusi interaktif keagamaan dan lebih banyak dimaknai sebagai  pengisi waktu luang.  Dari perspektif teori Stuart Hall resepsi warga Nahdlatul Ulama terkategori menjadi 3 posisi. Posisi negoisasi menempati urutan pertama, warga Nahdlatul Ulama memiliki alternatif lain dalam mengonsumsi produk keagamaan di televisi. Posisi hegemoni dominan menempati urutan kedua, yakni menjadikan kiswah interaktif sebagai satu-satunya program keagamaan yang dikonsumsi. Posisi oposisi di urutan ketiga,  warga Nahdlatul Ulama memiliki kekuatan untuk menolak apa yang dihadirkan program kiswah interaktif.

Kata Kunci: Analisis Resepsi, Warga Nahdlatul Ulama, Kiswah Interaktif

 


References


Baran, Stanley J & Dennis K Davis. 2010. Teori Komunikasi Massa: Dasar Pergolakan dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanika.

Basit, Abdul. 2017. Filsafat Dakwah. Depok:Rajawali Pers

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ensiklopedia Nahdlatul Ulama 3. 2014. Sejarah, Tokoh dan Khazanah Pesantren. Jakarta: MataBangsa dan PBNU

Fadeli, Soelaiman. Mohammad Subhan. 2007. Antologi NU : Sejarah, Istilah, Amaliah, Uswah. Surabaya:Khalista.

Feillard, Andre. 1999. NU vis-à-vis Negara.Yogyakarta: L’Harmattan Archipel.

Hadi, Ido Prijana. 2008. Penelitian Khalayak dalam Perspektif Reception Analysis. Jurnal Ilmiah Scriptura, 2(1),1-7.https://doi.org/10.9744/scriptura.2.1.1-7

Ida, Rachma. 2014. Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana

Ilaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jayli, Hakim.2013. Televisi Kaum Santri, Konsep Baru Bisnis dan Tayangan Televisi di Gerbang Era TV Digital. Surabaya: TV9 Surabaya

Jensen, Klaus Burhn. 2002. Media Audiences Reception Analysis: Mass Communication as The Social Production of Meaning In A Handbook of Qualitative Methodologies For Mass Communication Research, edited by Klaus Bruhn Jensen and Nicholas W. Jankowski. London: Routledge.

Jensen,Klaus Bruhn & Karl Erik Rosengen. “Five Tradition in Search of Audience”.( New York: Oxford University Press Inc)

Kusnawan, Asep. 2004. Komunikasi Penyiaran Islam. Bandung: Benang Merah Press.

Laode. Ida. 1994. NU Muda Kaum Progresoif Sekulerisme. Jakarta: Erlangga.

Littlejohn, Stephen W. Karen A. Foss. (2008). Teori Komunikasi, Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Lovelock, Cristhopher. 2005. Pemasaran Jasa. Jakarta: Erlangga.

Ma’arif, Syamsul.2008. Pesantren Vs Kapitalisme Sekolah. Semarang: NEED’S Press.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Mudyahardjo,Redja. 2013. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya Dan Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Muzadi, Abdul Muchit. 2007. NU dalam Perspektif Sejarah & Ajaran (Refleksi 65 Tahun Ikut NU. Surabaya:Khalista

Pujileksono, Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Shadiq, Muhammad. 2004. Dinamika Kepemimpinan NU. Surabaya:Lajnah Ta’lif Wanasyr

Sutarto, Ayu. 2006. Sekilas Tentang Masyarakat Pandalungan. Makalah yang disampaikan pada acara pembekalan jelajah budaya 2006 di Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Yogyakarta

West, Turner & Lynn Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika

West,Richard & lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, edisi 3. Jakarta:Salemba Humanika.

Zoebazary, M. Ilham. 2017. Orang Pendalungan (Penganyam Kebudayaan Di Tapal Kuda, Jember: Paguyupan Pandhalungan Jember.

Zulkarnain, 2012. Ilmu menjual (Pendekatan Teoritis dan Kecakapan Menjual).Yogyakarta: Graha Ilmu.

Internet

“Mengenal Kebudayaan Masyarakat Pesisir Utara Jawa Timur dan Madura.” http://pkspl.ipb.ac.id/berita/detail/mengenal-kebudayaan-masyarakat-pesisir-utara-jawa-timur-dan-madura




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v6i2.4364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.